11 Jul
599

Pengumuman Peserta Kukerta Moderasi Beragama Revolusi Mental

Pada masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (penyakit virus Corona) Pusat Pengabdian kepada Masyarakat LP2M bersyukur dan berterima kasih kepada Kemenko PMK dan Forum Rektor Indonesia (FRI) setelah menerima pengumuman sebagai penerima hibah KKN Gotong Royong Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Pada tanggal 08-10 Juli PIC KUKERTA Moderasi Beragama - Revolusi Mental dan Bagian Administrasi mengikuti Trainning of Trainer (ToT) dan Bimbingan Teknis (BimTek) Pelaksanaan Kegiatan GNRM secara daring yang dilaksanakan oleh Kemenko PMK dan FRI. KUKERTA Moderasi Beragama - Revolusi Mental pada tahun 2021 mengangkat tema KUKERTA Moderasi Beragama untuk Meningkatkan Imunitas dan Budaya Sehat Masyarakat. Pusat Pengabdian kepada Masyarakat LP2M menyebutnya KUKERTA Moderasi Beragama - Revolusi Mental yang difokuskan pada sasaran masyarakat Kec. Tirtayasa dan Kec. Petir Kab. Serang Provinsi Banten.

Bentuk kegiatannya Kerja Sosial yang terbatas, artinya tetap dilakukan di rumah masing-masing yang bertempat tinggal di Kec. Tirtayasa sekitarnya (Kec. Pontang dan Kec. Tanara) dan Kec. Petir sekitarnya (Kec. Cikeusal dan Kec. Tanjung Teja). Dalam kegiatan KUKERTAnya, ada tiga gerakan Indonesia dalam perspektif moderasi beragama yang akan diimplementasikan, yaitu gerakan Indonesia Bersih, gerakan Indonesia Tertib, dan gerakan Indonesia Mandiri. Tentunya, tiga gerakan ini dilaksanakan dalam pembudayaan nilai-nilai revolusi mental, yaitu integritas, etos kerja dan gotong royong. Pembudayaan nilai-nilai revolusi mental ini beriringan dengan nilai-nilai moderasi beragama yang menjadi perspektif Perguruan Tinggi Keagamaan, yaitu tawassuth (moderat), tawazun (seimbang), i'tidal (tegak lurus), tasamuh (toleran), kebangsaan dan ramah budaya lokal. Kegiatan KUKERTA Moderasi Beragama - Revolusi Mental akan dilaksanakan pada bulan Juli, Agustus dan September, yang diawali dengan pembekalan materi mdoerasi beragama dan revolusi mental. Dengan penerimaan hibah ini, diharapkan akademisi bergotong royong dengan masyarakat dan stakeholders untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan beradab.

file pengumuman bisa didownload di link ini : http://uinbanten.ac.id/files/Pengumuman_Peserta_KUKERTA_Moderasi_Beragama_-_Revolusi_Mental.pdf