FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
Visi
Menjadi Fakultas yang Unggul dan Terkemuka dalam Mengembangkan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yang Integratif dan Menyiapkan Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang Islami dan Berwawasan Global Tahun 2030 (Wawasan 2030)
Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang profesional, berkualitas, dan berwawasan global
2. Melaksanakan penelitian, kajian dan mengembangkan ilmu tarbiyah dan keguruan secara integratif
3. Menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru
4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis ilmu tarbiyah dan keguruan
5. memberikan layanan akademik dan non akademik yang berkualitas
6. melakukan kerjasama dan pengembangan jejaring dengan berbagai institusi dan pemangku kepentingan
Tujuan
1. Menghasilkan lulusan yang islami, kompetitif, dan kompenten;
2. Menghasilkan Calon Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang islami dan Profesional;
3. Menghasilkan penelitian dan publikasi ilmiah yang berkualitas dan integratif di bidang ilmu tarbiyah dan keguruan;
4. mewujudkan pengabdian kepada masyarakat yang partisipatif dan memberdayakan masyarakat terutama di bidang pendidikan dan keguruan;
5. Mewujudkan layanan akademik dan non akademik yang berkualitas;
6. Mewujudkan program kerjasama dengan berbagai institusi baik dalam maupun luar negeri dan para pemangku kepentingan lainnya;
7. Menciptakan suasana yang islami dan kondusif bagi pengembangan budaya akademik di Lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
1. Program Studi Pendidikan Agama Islam
Visi
Menjadi Program Studi unggul dan terkemuka dalam pengembangan ilmu Pendidikan Agama Islam yang integratif dan berwawasan global pada tahun 2032
Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran agama Islam yang profesional dan berwawasan global,
2. Mengembangkan penelitian, kajian dan pengembangan ilmu-ilmu pendidikan agama Islam yang integratif,
3. melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan agama Islam,
4. Mengembangkan jaringan kerjasama dalam pengembangan ilmu pendidikan agama Islam
Tujuan
1. Menghasilkan lulusan yang unggul dan kompetitif di bidang Pendidikan Agama Islam,
2. Menghasilkan karya ilmiah dan publikasi ilmiah pada jurnal terakreditasi dan terindeks nasional/internasional di bidang Pendidikan Agama Islam,
3. Mewujudkan Pengabdian dan Pemberdayaan masyarakat yang berdaya guna di bidang Pendidikan Agama Islam,
4. Mewujudkan kerjasama dengan berbagai institusi baik di dalam maupun di luar negeri dan pemangku kepentingan lainnya.
2. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Visi
Menjadi Program Studi yang unggul dan terkemuka dalam mengembangkan ilmu Pendidikan Bahasa Arab yang integratif dan berwawasan global pada Tahun 2032 tingkat ASEAN
Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berbasis ICT dan riset
2. Menyelenggarakan penelitian di bidang ilmu pendidikan Bahasa Arab dan publikasi karya ilmiah di jurnal terakreditasi
3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan Bahasa Arab pada level lokal dan regional
4. Menjalin kerjasama dengan berbagai instansi nasional maupun internasional yang relevan dengan pengembangan dan kemajuan Jurusan PBA
Tujuan
1. Menghasilkan sarjana yang memiliki kompetensi guru profesional dan memiliki 5 keterampilan berbahasa. (mendengarkan, berbicara, membaca, menulis, dan menterjemahkan)
2. menghasilkan penelitian dan publikasi ilmiah yang berkualitas di bidang Pendidikan Bahasa Arab
3. Melaksanakan Pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan bahasa Arab secara partisipatif
4. Mewujudkan kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan baik nasional, regional maupun internasional
3. Program Studi Tadris Bahasa Inggris
Visi
Menjadi jurusan yang unggul dan terkemuka di tingkat internasional pada tahun 2030 dalam penyelenggaraan pendidikan Bahasa Inggris dengan mengintegrasikan aspek keilmuan dan menghasilkan pendidik yang professional, islami, berdaya saing, dan berjiwa entrepreneur.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan Bahasa Inggris yang professional dan berwawasan global.
- Menyelenggarakan pendidikan yang mengintegrasikan kompentensi pedagogic dan entrepreneurship berlandaskan nilai-nilai keislaman.
- Melaksanakan penelitian, pengkajian, dan pengembangan Ilmu dalam bidang Bahasa Inggris.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan, kebahasaan, dan entrepreneurship.
- Melakukan kerjasama di tingkat nasional, regional dan internasional dalam pengembangan pendidikan Bahasa Inggris.
Tujuan
- Menghasilkan tenaga pendidikan dan kependidikan yang professional dalam bidang Bahasa Inggris, berdaya saing dan berjiwa kewirausahaan.
- Menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki kompetensi pedagogic, profesional, kepribadian dan social yang dilandasi nilai-nilai akhlakul karimah.
- Menghasilkan karya-karya penelitian dan inovasi dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris yang dapat di manfaatkan oleh stakeholders dan menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki dedikasi dan komitmen yang tinggi kepada masyarakat dalam penyebaran pengimplementasian pendidikan Bahasa Inggris.
- Membangun kerjasama dalam skala nasional, maupun internasional dalam pengembangan pendidikan Bahasa Inggris, penelitian atas dasar pengembangan dan peningkatan profesionalisme tenaga pendidik yang mandiri dan berdaya saing global serta berjiwa kewirausahaan.
4. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
5. Jurusan/Program Diploma Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Pendidikan dasar merupakan kebutuhan mendesak masyarakat, khususnya di banten ini, yang paling tidak dapat mengangkat anggota masyarakat mempunyai pengetahuan-pengetahuan dasar yang kelak bisa dikembangkan. Orang-orang atau tenaga-tenaga pengembang ini mesti disiapkan secara profesional. Karena itu Institut Agama Islam Negeri “Sultan Maulana Hasanuddin” Banten berprakarsa mendirikan program ini dengan alasan-alasan sbb:
(1)Pendidikan dasar yang bernama Madrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang tertua. Keberadaannya selalu diprakarsai oleh masyarakat. Di Banten khususnya, hampir di semua daerah terdapat lembaga pendidikan ini, tetapi pengajar yang sesuai dengan perkembangan kebutuhan pendidikan dasar, amat belum memadai. Karena itu Institut Agama Islam Negeri “Sultan Maulana Hasanuddin” Banten berkewajiban untuk memenuhinya.
(2)Madrasah Ibtidaiyah (MI) meskipun sebagai pendidikan dasar, tetapi dari wataknya mesti bercirikan keislaman. Pendidikan dasar yang berkeislaman inilah yang relevan apabila tenga-tenaga pengajarnya dididik atau disiapkan/diadakan dari lembaga perguruan tinggi agama Islam. Inilah peran Institut Agama Islam Negeri “Sultan Maulana Hasanuddin” Banten yang harus dilakukan.
6. Jurusan/Program Akta IV Kependidikan.
Akta IV dibidang kependidikan merupakan sertifikasi seseorang yang mempunyai keahlian tertentu untuk menjadi tenaga pengajar. Keahlian-keahlian yang meliputi bidang agama Islam dengan berbagai disiplin ilmu dan pengetahuan-pengetahuan lain yang wajib ditularkan dalam proses belajar mengajar, harus segera mendapat dukungan. Karena itu, Institut Agama Islam Negeri “Sultan Maulana Hasanuddin” Banten yang salah satu program kegiatan akademiknya dibidang kependidikan ini berkewajiban untuk memenuhi kebutuhan ini. Itulah sebabnya Institut Agama Islam Negeri “Sultan Maulana Hasanuddin” Banten membuka program Akta IV Kependidikan ini dengan alasan-alasan sbb:
(1)Guru (pendidik) yang dalam dimensi kebudayaan berfungsi sebagai agen transmisi budaya mesti diberikan legitimasi dan keterampilan dalam menjalankan fungsinya. Karena pesan-pesan budaya itu amat komplek, banyak dan beragam, terutama yang berupa ilmu pengetahuan, yang semua itu mesti ditransmisikan melalui pendidikan, maka agennya perlu diberikan keterampilan dan sertifikasi. Inilah peran strategis Institut Agama Islam Negeri “Sultan Maulana Hasanuddin” Banten
(2)Peminat-peminat untuk menjadi guru yang cukup banyak, amat relevan untuk diresponi supaya yang sudah menjadi “guru” , dan yang akan menjadi guru itu betul-betul seorang Guru, sesuai dengan fungsi-fungsinya.