24 Feb
738

UIN Banten dan Pemkot Cilegon Bangun Sinergi Bidang Pendidikan dan Dakwah

Kunjungan Wakil Walikota Cilegon Terpilih Sanuji Pentamarta ke UIN SMH Banten

Sinergi Bidang Pendidikan dan Dakwah

HumasUIN - UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten memilki program kerja sama dengan pemerintah daerah di Banten di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.


Program tersebut direspons positif. Salah satunya oleh Walikota-Wakil Walikota Cilegon Terpilih Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta.

Wakil Walikota Cilegon Terpilih Sanuji Pentamarta, Senin (22/2),  berkunjung ke UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Helldy-Sanuji yang akan dilantik pekan ini ingin segera menyinergikan program kerjanya, antara lain dengan  perguruan tinggi.

"100 hari program kerja, ada MoU dengan perguruan tinggi untuk memberikan beasiswa kepada warga Cilegon," kata Sanuji.

Pada APBD 2021, kata Sanuji, ada beasiswa untuk 150 mahasiswa. Tahun anggaran berikutnya 1.000 mahasiswa sehingga selama kepemimpinan Helldy-Sanuji ada 5.000 mahasiwa yang dapat beasiswa penuh. Beasiswa per semester Rp3 juta.

Sanuji melanjutkan, program kerja sama lain dengan UIN Sultan Maulana Hasanuddin antara lain di bidang penciptaan lapangan kerja dan dakwah. Kerja sama tersebut bagian dari program 10 Janji Kampanye Helldy-Sanuji pada Pilkada 2020.

"Cilegon saat ini masih kekurangan pemandi jenazah. Saya ingin UIN melatih mahasiswa Cilegon agar bisa memandikan jenazah," ungkap Sanuji. Masjid di Cilegon, lanjut dia,  bagus-bagus. Karena itu pula UIN dapat memberikan pelatihan manajemen kemasjidaan kepada pengurus DKM.


Kunjungan Sanuji disambut oleh Rektor Prof. Dr. H. Fauzul Iman, MA bersama Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan  Prof. Dr. H. E. Syarifudin, M.Pd, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama  Prof. Dr. H. Wawan Wahyuddin, M.Pd, Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja Sama Dr. H. Mamat Rahmatullah, MM, Dekan Fakultas Dakwah Dr. H. Suadi Saad, M.Ag, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Dr. Nihayatul Maskuroh, M.Si, Dekan Fakultas Sains Dr. Hidayatullah, Kepala Lembaga Penjamin Mutu Dr. H. Shobri, MM, dan  Kepala Satuan Pengawasan Internal Aan Ansori, S.Kom., MM.

Fauzul mengungkapkan, UIN memiliki program kerja sama dengan pemerintah daerah dan mendapatkan sambutan positif, seperti dari Pemkot Serang  Pemkab Lebak, dan Pemkot Cilegon. "Meski belum dilantik, Pak Helldy dan Pak Sanuji responsnya sangat cepat terhadap program kami. Saya berharap kerja sama dengan Pemkot Cilegon ke depan betul-betul terlaksana," ungkap Fauzul.

Fauzul memuji Helldy-Sanuji sebagai kepala daerah yang mampu merespons dan adaftif terhadai program pendidikan di perguruan tinggi.

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan  Prof. Dr. H. E. Syarifudin, M.Pd menambahkan, saat ini terdapat 757 mahasiswa aktif berasal dari Kota Cilegon. "Kami berharap mahasiswa Cilegon di UIN mendapatkan beasiswa dan Pemkot Cilegon. Kami akan mengajukan data nya dan yang layak mendapatkan beasiswa," jelasnya. *