29 Apr
559

Hidayatullah Pimpin Fakultas Sains UIN Banten

HumasUIN - Hidayatullah terpilih sebagai Dekan Fakultas Sains UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Pria asal Bojonegara, Kabupaten Serang, ini menjadi dekan pertama Fakultas Sains yang didirkan UIN pada 2019.

Hidayatullah adalah lulusan Fakultas Syariah IAIN Sunan Gunung Djati Serang (kini UIN SMH Banten) tahun 1997, magister pendidikan Universitas Negeri Jakarta (2005), dan doktor bidang pendidikan Universitas Negeri Jakarta (2010). Jabatan terakhirnya sebagai Ketua Lembaga Penjamin Mutu UIN SMH Banten.

Rabu (5/2) Hidayatullah bersama Wakil Dekan I Asep Saefurohman dan Wakil Dekan II Fitri Hilmiyati, serta sejumlah pejabat kampus dilantik oleh Rektor Prof Fauzul Iman di aula kampus I, Ciceri, Kota Serang.

Rektor Fauzul Iman menjelaskan, pelantikan pejabat dilakukan karena telah berakhirnya masa jabatan pejabat lama dan karena ada jabatan yang kosong. “Promosi pengisian jabatan dekan dan wakil dekan pada Fakultas Sains serta posisi jabatan lain telah melalui penilaian dan seleksi berdasarkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja oleh Senat dan pejabat berwenang,” kata Fauzul.

Rektor mengingatkan, menjadi pemimpin bukanlah suatu tujuan, tetapi merupakan amanah untuk mendedikasikan diri demi kemajuan institusi. Melakukan lompatan peradaban yang lebih baik tanpa meninggalkan persatuan dan kesatuan bangsa. Karenanya, sebagai pemimpin tidak hanya dituntut dapat memimpin dengan baik, juga memiliki keberanian untuk berubah maju.

“Menjadi pimpinan baik di fakultas maupun di unit harus punya visi dan misi yang jelas. Harus mau menyumbangkan waktu dan pikiran untuk berkembangnya universitas kita,” kata Rektor.

Rektor berharap pengangkatan dan pelantikan pejabat hendaknya dimaknai, terutama dari sudut kepentingan organisasi, dalam rangka pelaksanaan dan kelancaran tugas-tugas pendidikan dan pelayanan publik. Bukan lagi penempatan figur–figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu.

Pada kesempatan itu, Kepala Subbag Kepegawaian Fathullah menjelaskan, seleksi calon dekan sudah dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu seleksi berkas, penyampaian visi misi, dan penilaian panelis pada bulan lalu. “Pelantikan dekan, wakil dekan dan pejabat lainnya ini sudah melalui seleksi yang ketat dari para pejabat, dengan harapan mampu memberi kontribusi yang besar terhadap perkembangan kampus,” ungkapnya.

Usai dilantik, Dekan Fakultas Sains Hidayatullah mengungkapkan, sebagai dekan pertama di fakultas baru, hal pertama yang akan dilakukan antara lain membangun landasan dan penataan organisasi, fasilitas kampus, jaringan kerja sama, dan akreditasi program studi.

“Saat ini baru ada dua prodi yaitu Biologi dan Fisika. Nanti akan kami tambah tiga prodi lagi yaitu Teknologi Informasi, Matematika, dan Kimia,” ungkap Hidayatullah.

Untuk kampusnya, lanjut dia, akan menempati kampus tiga yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Penancangan, Kota Serang. “Gedungnya baru dibangun,” katanya.

Sebagaimana diketahui, kampus tiga yang dekat rel kereta api ini dulu sebagai asrama putra mahasiswa dan gedung pesantren mahasiswa. Kini dikembangkan dan dibangun gedung perkuliahan.

Pejabat lain yang dilantik oleh Rektor yaitu Shobri (Ketua Lembaga Penjamin Mutu/LPM), Aan Ansori (Kepala Satuan Pengawas Internal/SPI), Zaki Ghufron, (Kepala Pusat Pengembangan Mutu LPM),
Jamaluddin (Sekretaris SPI), Irfan Salim (Sekretaris Jurusan Pendidikan Bahasa Arab), Imroatub (Kepala Laboratorium Tarbiyah), Riski Andrian Jasmi (Kepala Laboratorium Fakultas Sains), dan Yayu Heryatun (Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu LPM).