12 Okt
73

Mahasiswa UIN Banten jadi Sasaran Program Baznas

HumasUIN - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Banten bekerjasama dengan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten mengadakan sosialisasi Zakat Goes to Campus kepada perwakilan mahasiswa UIN Banten. Kegiatan yang mengangkat tema "Membangun Generasi Millenial Peduli Zakat" ini dilaksanakan di Aula rektorat UIN Banten, Selasa (12/10).

Kepala biro AAKK, Dr. Bazari Syam mengungkapkan terimakasih kepada Baznas yang telah menjadikan UIN Banten sebagai sasaran program zakat ini. Ditengah-tengah kondisi saat ini, masih ada banyak persoalan umat yang harus diselesaikan secara cepat dan tepat, salah satunya adalah zakat.

Dia mengatakan zakat sebagai rukun Islam yang harus disosialisasikan kepada masyarakat umum dan semua kalangan. Sosialisasi berguna untuk menyadarkan semua akan pentingnya membayar zakat yang dalam hal ini hanya 2,5 persen terutama generasi millenial saat ini.

Dia mengatakan jika millenial kampus ini dapat memahami zakat dengan baik, maka secara tidak langsung dapat memberikan pemahaman secara luas kepada masyarakat mengenai kewajiban dalam rukun Islam tersebut.

"Oleh karena itu, setelah kegiatan ini diharapkan mahasiswa juga menyampaikan kepada orang-orang di lingkungan sekitar bagaimana pentingnya zakat ini," ungkapnya.

Wakil ketua 1 Baznas Banten, Zaenal Abidin Syuja'i dalam materinya mengatakan dalam rangka meningkatkan daya guna dan hasil guna, zakat harus dikelola sesuai dengan syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas sehingga dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat.

"Oleh karena itu, perlu adanya gerakan-gerakan zakat di Indonesia secara keseluruhan termasuk pada dunia kampus," ungkapnya.

Dia menambahkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini mahasiswa sebagai agent of change mampu memahami dan menjadikan zakat sebagai life style dalam kehidupan sehari-hari.