HumasUIN – Fakultas Sains UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Sukses melaksanakan kegiatan Pendampingan Akreditasi untuk tiga Program Studi: Prodi Informatika, Prodi Matematika, dan Prodi Kimia. Kegiatan yang berlangsung di Green Hotel Cilegon ini diikuti oleh 34 peserta, terdiri dari para pimpinan, dosen,serta tim akreditasi masing-masing prodi. Acara ini dilaksanakan pada 25-27 November 2025.
Pendampingan ini menghadirkan tiga narasumber ahli dan berpengalaman dalam bidang peningkatan mutu pendidikan tinggi, yaitu:
- Prof. Dra. Sri Hartati, M.Sc., Ph.D. (Guru Besar Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika, FMIPA Universitas Gadjah Mada)
- Prof. Dr. Ratnaningsih Eko Sardjono, M.Si (Direktur Direktorat Penjaminan Mutu dan Pemeringkatan, Universitas Pendidikan Indonesia)
- Prof. Dr. Roberd Saragih, M.T. (Guru Besar FMIPA Institut Teknologi Bandung)
Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Sains, Prof. Dr. H. Hidayatullah, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya strategis dalam mempersiapkan akreditasi tiga prodi secara lebih matang. Prof. Hidayatullah juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para narasumber yang telah hadir dan bersedia memberikan pendampingan terkait penyusunan LED serta persiapan akreditasi. Diharapkan kegiatan ini menjadi ruang bagi peserta untuk memperoleh kisi-kisi serta arahan teknis mengenai kebutuhan dokumen dan strategi akreditasi yang efektif.

Sementara itu, Wakil Rektor I, Dr. Nana Jumhana, M.Ag., turut memberikan apresiasi kepada Fakultas Sains atas terselenggaranya kegiatan penting ini. Beliau menegaskan bahwa pendampingan ini merupakan langkah konkret untuk memperoleh hasil akreditasi yang maksimal serta memastikan seluruh prodi memiliki kesiapan optimal menjelang asesmen lapangan (AL).
Dengan adanya pendampingan ini, Fakultas Sains UIN SMH Banten berharap setiap prodi mampu memperkuat tata kelola, mutu akademik, serta pemenuhan standar akreditasi, sehingga mampu meraih predikat terbaik dalam proses akreditasi mendatang. Semoga seluruh rangkaian kegiatan ini menjadi pijakan menuju peningkatan kualitas pendidikan yang berkelanjutan.