08 Jul
117

MENJADI TUAN RUMAH TES BAHASA ARAB INTERNASIONAL, UIN BANTEN SUKSES GELAR IKHTIBAR HAMZAH

HumasUIN - UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dengan bangga menjadi tuan rumah Ikhtibar Hamzah,  dipilih sebagai salah satu dari hanya tiga kampus di Indonesia yang menggelar platform tes bahasa Arab internasional oleh Majma al-Malik Salman al-Alamiy Li Lughah al-Arabiyyah (King Salman Global Academy for Arabic Language), bekerja sama dengan Haiyah Taqwim al-Ta'lim wa al-Tadrib (Education and Training Evaluation Commission). Ikhtibar Hamzah adalah Tes komputer terstandar yang mengukur kemahiran bahasa Arab bagi non-penutur asli dan penggunaan empat keterampilan bahasa. (pemahaman membaca, pemahaman mendengarkan, menulis dan berbicara). Acara ini berlangsung selama tiga hari sukses, dimulai dengan workshop pengenalan program bagi peserta dan pengamat tes bahasa, serta pelatihan bagi koordinator dan pengawas tes dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan dilaksanakan secara hybrid di Pusat Bahasa UIN Banten.

Salah satu sorotan dari acara ini adalah pertemuan tertutup antara delegasi dari Arab Saudi yang diwakili oleh Dr. Faisal Aljamhoor dan Ustadz Naseer Al-Saleh dengan para pimpinan universitas di UIN Banten. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, dan koordinator kegiatan, yang secara pribadi menyambut serta mendampingi para tamu sejak kedatangan mereka di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta hingga berakhirnya program tersebut.

Keikutsertaan pimpinan universitas, termasuk Rektor, Wakil Rektor, dan koordinator kegiatan, dalam acara ini menunjukkan komitmen dan perhatian yang tinggi terhadap kesuksesan acara. Mereka tidak hanya menyambut para tamu dengan hangat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta, tetapi juga secara pribadi mendampingi mereka sepanjang jalannya program, memastikan acara berjalan lancar dan sesuai dengan harapan.

Dengan jumlah pendaftar mencapai 1600 orang, fase pertama mampu menampung 363 peserta karena keterbatasan waktu dan ketersediaan komputer di laboratorium; sisanya akan mengikuti batch berikutnya. Rektor UIN Banten, Prof. Dr. Wawan Wahyuddin, M.Pd, menyampaikan antusiasme yang besar terhadap program ini kepada media, pendapat yang didukung oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Prof. Dr. Mufti Ali, MA, dan Dr. Abdul Muin, M.Pd, Kepala Pusat Pengembangan Bahasa, yang hangat menyambut inisiatif ini.

Ikhtibar Hamzah ini dirancang untuk menilai kemampuan bahasa Arab bagi non-penutur asli melalui empat keterampilan bahasa utama: pemahaman membaca, pemahaman mendengarkan, menulis, dan berbicara. Setiap tes dibangun berdasarkan Common European Framework for Languages (CEFR) dan menilai level kompetensi dari A2 hingga C1, yang memberikan standar internasional yang terukur bagi pengguna bahasa Arab sebagai bahasa kedua. Tujuan dari tes ini adalah untuk memperkuat posisi bahasa Arab dan mengakui keilmuannya secara lokal, regional, dan global, serta menetapkan standar global yang tersertifikasi untuk kompetensi bahasa bagi pembelajar bahasa Arab yang bukan penutur asli. Selain itu, tes ini juga memberikan informasi penting kepada universitas dan lembaga pengajaran bahasa Arab tentang tingkat kemahiran bahasa dari mahasiswa mereka yang bukan penutur asli, yang dapat digunakan sebagai pedoman dalam pengembangan kurikulum dan program pembelajaran bahasa.

Dukungan penuh dari pimpinan universitas memberikan semangat bagi koordinator program, Dr. Hj. Siti Shalihah, M.Ag, dalam upayanya untuk memastikan kesuksesan Ikhtibar Hamzah. Komitmen dan kerja keras yang ditunjukkan oleh semua pihak mendapat apresiasi tinggi dari delegasi Saudi yang berkunjung, membuka jalan untuk kolaborasi potensial di masa depan. Acara ini berlangsung dari tanggal 27 hingga 30 Juni dengan sukses, dan ucapan terima kasih disampaikan oleh panitia kepada seluruh pimpinan universitas, pengawas, panitia, mahasiswa, dan seluruh civitas akademika di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.