08 Jul
60

Tapak Suci UIN Banten Gelar Kejuaraan Pencak Silat

Sebanyak 825 peserta dari 73 kontingen se Pulau Jawa mengikuti Kejuaraan Pencak Silat Maulana Hasanuddkn Championship yang dilaksanakan di Convention Hall UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Dengan mengangkat tema Bersatu dalam Kebudayaan Berprestasi dalam Pencak Silat, kegiatan dalam rangka milad ke 30 UKM Tapak Suci UIN Banten ini dibuka langsung oleh wakil rektor bidang kemahasiswaan dan kerjasama, Sabtu (6/7).
Ketua Pelaksana Rafli dalam sambutannya mengatakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan ini merupakan ajang pencarian bakat muda dalam membentuk karakter tangguh yang siap mengharumkan nama Banten dalam kompetisi yang lebih besar.
Dia mengatakan pencak silat merupakan warisan budaya dari para orang tua terdahulu yang mana saat ini eksistensinya sudah sampai ke negara-negara lain."Oleh karena itu saat ini tugas kita lah sebagai pelestari dan penjaganya agar tidak hilang dan tetap eksis," ungkapnya. Dia berkomitmen akan memberikan yang terbaik dalam segala pelayanan pada kejuaraan ini.

Wak Rektor III Dr. Hidayatullah mengapresisasi kegiatan yang diinisiasi oleh UKM Tapak Suci, dimana kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Maulana Hasanuddin Cup yang dilaksanakan setiap tahun dalam rangka memperebutkan piala rektor.
"Kegiatan MHC kita laksanakan tiap tahun tapi untuk bidang pencak silat baru pertama kali dilaksananakan," ungkapnya.
Dia berharap kegiatan ini mampu melahirkan atlit-atlit muda berprestasi yang siap diikutsertakan pada kejuaraan tingkat nasional.
"Saya berharap para atlit yang mengikuti kegiatan ini terutama yang menjuarai kegiatan bisa melanjutkan kuliahnya di UIN Banten yang nantinya akan kita siapkan beasiswa kuliah disini," ungkapnya.
Kegaiatan yang dibuka dengan pemukulan gong ini dihadiri Ketua 1 Pengurus Besar IPSI H. M. Siddiq, Ketua IPSI Banten Ajat Sudrajat, Ketua IPSI Kota Serang Teguh Ista'al serta Ketua IKA UKM Tapak Suci Eri Fahrudin.