04 Jul
47

UIN SMH Banten Siap Jalin Kerja Sama Internasional Melalui Ikhtibar Hamzah

HumasUIN - Sebanyak 1600 peserta dari kalangan dosen, pegawai, mahasiswa, dan alumni UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten turut meramaikan pendaftaran Program Ikhtibar Hamzah (Hamza Test) yang diselenggarakan baru-baru ini. Acara ini merupakan bagian dari inisiatif Majma al-Malik Salman al-Alamiy Li Lughah al-Arabiyyah (King Salman Global Academy for Arabic Language), dengan pelaksanaan tes yang dikelola oleh Markaz Qiyas Arab Saudi, bekerjasama dengan Ittihad Mudarrisi Al-Lughah Al-Arabiyyah (IMLA) Indonesia, serta melibatkan tiga kampus di Indonesia, yakni UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kehadiran acara ini disambut hangat oleh para pimpinan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, mulai dari rektor, para warek, hingga dekanat, program studi, pusat bahasa, dan pustekipad, serta seluruh civitas akademika UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Mereka menyambut dengan penuh semangat karena acara ini tidak hanya menjadi ajang evaluasi kualitas, tetapi juga sebagai kesempatan untuk meningkatkan kerja sama akademik antar negara.

Dr. Siti Shalihah, M. Ag, sebagai koordinator kegiatan di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dan Ketua Bidang Kerjasama Dalam Negeri Ittihad Mudarrisi Al-Lughah Al-Arabiyyah (IMLA) Indonesia, menjelaskan bahwa minat peserta dalam mengikuti tes Ikhtibar Hamzah (Hamza Test) sangat tinggi, melebihi kapasitas yang tersedia. Untuk batch pertama, hanya 363 peserta yang dapat diakomodasi, sementara sisanya akan mengikuti pada batch berikutnya, sesuai rencana pengaturan logistik yang telah disiapkan.

Ucapan terima kasih disampaikan kepada Majma al Malik Salman atas kepercayaan yang diberikan kepada UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten sebagai tuan rumah penyelenggaraan acara ini. Harapannya, kerjasama yang terjalin akan terus berkembang dan memberikan manfaat besar bagi dunia pendidikan di masa depan. Dengan antusiasme yang terus bertambah, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten siap untuk menjalin lebih banyak kerjasama internasional demi meningkatkan mutu pendidikan dan penelitian.