24 Jun
94

BNPT RI dan UIN Banten Siap Bangun Kampus Kebangsaan

 

HumasUIN - Dalam rangka membangun resiliensi kampus yang memiliki daya tangkal, daya cegah dan daya lawan terhadap pengaruh paham radikal terorisme serta pembentukan kampus kebangsaan, Wakil Rektor III UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Dr. H. Hidayatullah, M.Pd, menyambut dengan hangat kunjungan dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT-RI) di ruang Rapat Rektor di Gedung Rektorat Lantai 1. Senin, (24/06/2024).

Dalam audiensi ini, Kepala Subdirektorat (Kasubdit) Pemberdayaan Masyarakat, Kol. (Sus) Harianto, S.Pd., M.Pd. Menyampaikan harapan dari Kepala BNPT RI, bahwa BNPT menginginkan adanya dialog kebangsaan di kampus UIN SMH Banten demi menyampaikan informasi-informasi dalam pencegahan paham-paham radikalisme.

"Ada beberapa indikator sasaran kegiatan yang kami tuju, mulai dari Mahasiswa, Pimpinan Kampus, Dosen, sampai ke Tenaga Pendidikan. Dalam dialog kebangsaan nanti akan ada beberapa kurikulum yang akan dijelaskan. Di dalamnya ada muatan wawasan kebangsaan dan wawasan keagamaan moderat serta pembentukan kampus kebangsaan," jelasnya.

Selain itu, Warek III UIN SMH Banten mngungkapkan ucapan terima kasih atas kepedulian BNPT terhadap pihak sivitas akademika kampus yang ada di Banten ini.

"Harapannya adalah kami bisa diikutlibatkan dalam pencegahan paham radikalisme. Tentu bukan hanya mahasiswa saja, menarik kesimpulan bahwa Kemenag pun sama menjungjung tinggi bilai torelansi yang mencetuskan moderasi beragama. Maka dari itu, kalo memang dari BNPT menginginkan dialog kebangsaan, kami akan menyiapkan agendanya. Biasanya wawasan tersebut diagendakan pada kegiatan PBAK. Khawatir minim waktu yang disediakan, lebih baik mengadakan agenda tersendiri dalam dialog kebangsaan," harapnya.

Di samping itu, Acara rapat audiensi tersebut dihadiri langsung oleh Warek II, Warek III, Plt. Kabiro AAKK, Kabiro AUPK, FKPT Provinsi Banten.