14 Jun
170

Bangun Sinergi dengan UIN Banten, PT KSI Tanam Pohon dan Kuliah Umum

HumasUIN - UIN Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten menjalin sinergi dengan berbagai kalangan, salah satunya dengan PT Krakatau Sarana Infrastruktur (KSI), untuk mengimplementasikan program Tri Darma Perguruan Tinggi.

Wujud dari sinergi kemitraan itu, Kamis (13/6), KSI memberikan bantuan pembangunan taman sinergi dan bantuan 100 pohon buah buahan eksotis nusantara yang ditanam di kompleks kampus UIN SMH Banten, Curug, Kota Serang, serta Direktur Utama PT Krakatau Sarana Infrastruktur Ir Alugoro Mulyowahyudi, M.Sc, Ph.D memberikan kuliah umum entrepreneurship bertema Membangun Entrepreneurial Mindset di Kalangan Mahasiswa.

Kegiatan dalam rangka HUT ke-42 PT Krakatau Sarana Infrastruktur itu dihadiri Rektor Prof. Dr. H. Wawan Wahyuddin, M.Pd, Wakil Rektor I Prof. Mufti Ali, Ph.D, Wakil Rektor II Dr. H. Subhan, M.Ed, Wakil Rektor III Dr. H.Hidayatullah, M.Pd, Kepala Biro AUPK Drs. H. Amrullah, M.Si, dan Plt. Kepala Biro AAKK Ahmad Riyadi S. Ag. Kemudian Corporate Secretary Vice President PT KSI Gumilar Sugandi, Corporate Communication Manager PT KSI Arifa Norma Dewi, dan Panitia Pelaksana HUT ke-42 PT KSI.

Rektor Prof. Dr. H. Wawan Wahyuddin, M.Pd memberikan apresiasi kepada PT KSI yang sedang merayakan ulang tahun.“Orang-orang yang pandai bersyukur sebagaimana firman Allah yang saya bacakan tadi, kalau kita pandai mensyukuri pasti ditambah nikmat-nikmat berikutnya. Saya pun yakin PT KSI akan semakin maju setelah mengadakan kerja sama,” ungkap Wawan saat memberikan sambutan.

Menurut Wawan, kerja sama ini adalah amal jariyah yang terus-menerus. Apalagi dengan gerakan penanaman pohon sebuah anugerah yang luar biasa untuk kesehatan. Tidak hanya untuk penghuni UIN, tetapi untuk menghadapi pemanasan global, perubahan iklim dan seterusnya.

“Kemudian ditambah lagi dengan pemberian wawasan tentang kewirausahaan ini antara lain bahwa kita ini memang haus akan ilmu. Untuk itu saya minta nanti kepada anak-anak ku semua, ambil ilmu dari Direktur Utama KSI dan kita terapkan dalam kehidupan baik di dunia kampus secara akademik maupun juga luar kampus, dalam arti masyarakat yang sangat luas,” ungkap Wawan.

Wawan optimistis semua ini menjadi rahmatan lil’alamin, baik keberadaan lingkungan, keberadaan rumah tangga, keberadaan dalam bergaul dan seterusnya, sesuai misi yang diinginkan oleh UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Pada kesempatan memberkan sambutan dan mengisi kuliah umum, Direktur Utama PT. Krakatau Sarana Infrastruktur Ir. Alugoro Mulyowahyudi, M.Sc, Ph.D mengungkapkan, tahun ini hari ulang tahun Krakatau Sarana Infrastruktur yang ketiga sebagai sub-holding dan sebagai perusahaan KIEC yang ke-42.

Alugro merasa bangga berada di kampus UIN SMH Banten, kampusnya keren. “Alhamdulillah ada usulan dari para staf kami untuk memberikan kuliah umum di UIN SMH Banten ini dan tentunya saya sangat senang bisa masuk ke kampus yang sangat modern, sangat indah dan luar biasa. Pak Rektornya juga sangat hebat. Kalau lihat ceritanya, dulu guru agama di SMAN, sekarang jadi rektor adalah sebuah pencapaian yang sangat luar biasa. Memimpin UIN SMH Banten ini semakin sukses lagi,” ungkapnya.

Menurutnya, kampus entrepeneur mengembangkan dirinya menjadi kampus yang berkolaborasi dengan industri semakin meningkat. Jadi konsep kampus sebagai ini sudah sudah lama sekali, seperti di luar negeri. Apalagi sekarang trennya kampus diminta untuk melakukan optimalisasi aset, seperti kampus yang sudah statusnya berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum, yang harus semakin meningkatkan asetnya, optimalisasi asetnya supaya bisa mendapatkan pendapatan, supaya uang kuliah tidak naik drastis.

Mengenai wirausaha, lanjut dia, adalah orang-orang yang pandai mengenali mengenali peluang. Orang melihatnya sebagai kekecauan atau kebingungan, tetapi entrepreneur melihatnya sebagai peluang. Contoh saat pandemi covid, semua orang melihatnya itu sebagai kekacauan dan sebagai masalah, dan sebagai tantangan. Tapi ada segelintir orang yang melihat itu sebagai peluang. Misalnya membuat masker, menjual obat herbal jahe merah dan lain sebagainya. Kemudian rumah sakit sepi berubah menjadi tempat isolasi.

“Entrepreneur itu sebagai katalisatir perubahan. Teman-teman tahu yang namanya Elon Musk, yang baru datang ke Indonesia melakukan perubahan besar yaitu membuat mobil listrik, dan sekarang Starling (internet), sebentar lagi yang namanya kabel fiber optik dan internet akan menjadi semakin mudah, kecepatannya semakin tinggi,” ungkapnya.

Entrepreneur, lanjut dia, terkadang digambarkan sebagai pemimpi yang melakukan tindakan. Mereka cenderung berorientasi pada tindakan. Mereka dapat bergerak cepat untuk menyelesaikan sesuatu. Mereka berorientasi pada tujuan, bersedia melakukan apa pun untuk mencapai tujuan mereka. Mereka juga merupakan kombinasi dari pemikir, pelaku, perencana, dan pekerja. Mereka menggabungkan visi dan tindakan.