06 Jun
75

Tingkatkan Itegrasi Sistem Digitalisasi, UPT Pustekipad Hadirkan Pakar Ahli

HumasUIN - Demi tingkatkan fasilitas pelayanan berbasis teknologi UPT Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (Pustekipad) UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten menggelar acara Sosialisasi Sistem Aplikasi Digital Kampus di Aula Serba Guna Gedung Rektorat Lantai 3 pada Kamis, (06/06/2024).

Dalam sambutanya, Kepala Pustekipad Muhibuddin mengungkapkan bahwa acara ini dilaksanakan dengan tindaklanjut bersama rapat pimpinan di awal tahun 2024, bahwa UIN Banten harus sudah mulai menerapkan sistem digitalisasi.

"Kami Pustekipad diminta untuk mengecek langsung beberapa aplikasi pelayanan yang berjumlah 43 aplikasi, tapi kami menilai bahwa dari sisi usia dan keefeisiensiannya sudah mulai tertinggal untuk saat ini. Maka dari itu kami melaksanakan acara ini disertai dengan narasumber dari UIN SGD Bandung, dimana kita sudah memiliki kerjasama dalam penanganan sistem digitalisasi ini," jelasnya.

Dirinya menyebutkan bahwa, adanya empat bidang yang akan dititik fokuskan. Pertama, Aplikasi Perencanaan, Aplikasi Keuangan, Aplikasi Kepegawaian, dan Aplikasi untuk Bagian Umum.

"Saat ini ada tujuh aplikasi yang sedang dibuat oleh teman-teman Pustekipad dalam peningkatan pelayanan dan penyempurnaan sistem digitalisasi," ungkapnya.

Selain itu, Wakil Rektor II UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten juga mengungkapkan apresiasi kepada Pustekipad yang saat ini mulai menerapkan sistem digutalisasi untuk UIN Banten, karenanya harapan kami, kampus kita mampu bersinergi dengan jejaring dari lokal hingga pusat dan dapat bersaing teknologi dengan kampus yang ada di Banten ini.

"Ini merupakan salah satu jalan yang telah digagas oleh pimpinan, bahwa UIN Banten ini harus beralih ke sistem digitalisasi yang futuristik guna mempermudah akses pelayanan baik dari pegawai, dosen, hingga Mahasiswa kita. Selain itu, tantangan kita juga harus adanya integrasi. Bukan hanya keilmuan tetapi terintegrasi soal sistemnya. Sehingga dari banyaknya aplikasi, kita dapat mengakses dengan satu klik," harapnya.

Adapun acara sosialisasi ini dihadiri langsung oleh Wakil Rektor II, Kepala Pustekipad, Kabag seluru Fakultas, Bagian Umum, Bagian Keuangan, Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, Bagian Perencanaan, dan Bagian Pegawai. Di samping itu, narasumber yang dihadiri dari UIN SGD Bandung yakni, Muhammad Irfan, M.Kom., Ph.D., dan Wildan Budiawan Zulfikar, S.T., M.Kom. Ph.D.