02 Apr
169

Peringati Nuzulul Quran, UIN Banten Adakan Pembinaan Pegawai Beserta Berbagi Kebahagiaan

HumasUIN - Dalam rangka memperingati Nuzulul Quran, UIN Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten mengadakan Pembinaan Pegawai, Buka Bersama, dan Berbagi Kebahagiaan dalam santunan kepada anak yatim, Satpam, Office Boy (OB), beserta para purnabakti. Acara ini dilaksanakan di Aula Multifunction Hall lantai 1 pada Senin sore, (01/04/2024)

Pada acara Pembinaan Pegawai, UIN SMH Banten menghadirkan salah satu narasumber yang cukup berkompeten yakni, Prof. Dr. H. M. Asrorun Ni'am selaku Ketua Bidang Fatwa MUI Pusat atau Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah, sekaligus Deputi Kemenpora RI.

Selain itu, pada acara santunan yang digagas oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) UIN Banten dalam rangka berbagi kebahagiaan, DWP UIN Banten menyiapkan bingkisan lebaran yang akan dibagikan kepada anak-anak yatim, Satpam, OB, beserta purnabakti di lingkungan UIN Banten. Bingkisan lebaran tersebut diakumulasikan dari infaq seluruh pegawai UIN Banten untuk diberikan kepada keluarga UIN Banten.

Selain itu, Acara ini dihadiri langsung oleh Rektor, Wakil Rektor I, II, dan III, Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana, Jajaran Dekan Fakultas, DWP, Mahasiswa, Satpam, OB, beserta para purnabakti di lingkungan UIN Banten.

Rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Prof. Dr. H. Wawan Wahyuddin, M.Pd mengemukakan dalam sambutannya bahwa, penguasaan dan pemahaman terhadap isi Al-Quran akan dapat merefleksikan diri kita kepada ayat-ayat Al-Qur'an sebagai petunjuk hidup kita.

“Oleh karenanya, dengan diadakannya kegiatan Nuzulul Quran dalam rangka pembinaan pegawai ini dapat dimaknai tidak hanya sebagai peringatan seremonial belaka, akan tetapi dapat dimaknai lebih dari itu, sebagai pegawai dan sivitas akademika kita juga harus peka terhadap lingkungan sosial yang dengan berkat uluran tangan mereka kita bisa lebih nyaman, aman, dan tentram dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari. Serta, dapat mengenang pula kehadiran orang-orang pendahulu kita demi menghargai dan ucapan terimakasih kepada fikiran dan kerja kerasnya para purnabakti," ungkapnya.

Tak hanya itu, Drs. H. Amrullah, M.Si selaku Kepala Biro Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan (AUPK) UIN SMH Banten menyampaikan bahwa, tujuan dari dilaksanakannya acara ini untuk meningkatkan kinerja kita sebagai pegawai dalam melayani mahasiswa dan masyarakat.

"Mungkin selama ini kita selalu menangani  hal-hal di luar kelembagaan atau perkantoran. Dengan ini kita akan mengulik gambaran serta solusi yang akan diberikan oleh pemateri dalam rangka pembinaan pegawai dalam penguatan potensi akademik. Selain itu, nantinya acara ini akan dilanjutkan oleh buka bersama dan solat maghrib secara berjamaah, semoga kegiatan ini membawa keberkahan bagi kita semua dan membawa manfaat bagi kehidupan kita," harapnya.

Pada kesempatan itu, Prof. Dr. H. M. Asrorun Ni’am Sholeh, MA membeberkan sekelumit hikmah nuzulul Qur’an. Misalnya, salah satu hikmah Nuzulul Quran adalah berkumpul di sore hari ini.

“Ini nikmat yang empiris, terasa faktual
dan nggak ngada-ngada. Kalau nggak ada nuzulul Quran itu enggak ada kumpul- kumpulnya, menjadi wasilah kita mempererat tali kekerabatan. Melalui silaturahmi ini akan banyak manfaatmbaik secara sosial, secara politik maupun secara ekonomi,” ungkap Asrorun Ni’am.

Seperti yang disampaikan Rektor, lanjut dia, bertemu dan silaturahim bisa memperkokoh
persahabatan. Bisa koneksi dengan berbagai instansi akhirnya mendatangkan rejeki.

“Alhamdulillah melalui wasilah pertemuan sore hari ini kegiatan pembinaan pegawai dalam rangka Nuzulul Quran kita bisa bertemu bersilaturahmi. Hakikat silaturahim bukan kongkow-kongkow antara Rektor dan Dekan rektor yang sudah terkoneksi sejak lama. Tapi nyambung terhadap orang yang terputus, bisa terputus dengan sengaja, bisa terputus dengan tidak sengaja karena kesibukan. Saya yakin seyakin yakinnya kalau di dalam forum ini enggak ada orang yang sengaja memutus tali persahabatan sekalipun beda pilihan,” ungkapnya.

Dalam kaitan pembinaan pegawai, guru besar Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini menekankan pentingnya kedisiplinan para pegawai tanpa perlu diawasi.