28 Mar
92

Gema Ramadan 2024 : Wakil Rektor III UIN Banten Ajak untuk Berlomba Dalam Kebaikan

HumasUIN - Wakil Rektor III UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Dr. H. Hidayatullah, M.Pd mengungkapkan bahwa, bulan Ramadan memang sangat baik jika diisi dengan kegiatan-kegiatan yang positif. Menurutnya, Hal ini dilakukan demi mengasah spiritual, emosi yang ada di dalam diri masing-masing.

"Baik dari sisi jasmani dan rohani, sehingga dengan diisinya kegiatan-kegiatan yang positif ini dapat menambah nilai ketaqwaan dan kecerdasan secara emosional," ungkap Warek III pada sambutan acara Gema Ramadan.

Acara Gema Ramadan ini dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Dakwah Kampus (LDK) UIN SMH Banten yang bertempat di Masjid kampus 2 UIN Banten pada Rabu, (27/03/2024).

Selain itu, Wakil Rektor III juga mengharapkan UKM LDK harus menjadi plopor dakwah yang berbeda dari kampus lain, yang nantinya dapat menginspirasi banyak mahasiswa di Banten.

"Saat ini, kategori dakwah tidak hanya ceramah di depan masyarakat. Konsep dakwah saat ini banyak contohnya, mulai dari membuat flayer edukasi melalui media sosial, konten yang menginspirasi, sejarah peradaban nabi-nabi, sejarah tokoh-tokoh islam kontemporer, dan masih banyak hal yang harus dilakukan sebagai UKM LDK di kampus ini," jelasnya.

Baginya, Kegiatan Gema Ramadan ini merupakan trobosan yang positif karena selain menjalin tali silaturrahmi, bisa menjaga dan merawat konsep intelektualitas islami yang baik.

"Karena Ramadan mengajarkan kepada diri kita untuk berkontemplasi atau mengevaluasi diri, harus bisa merasakan apa yang dirasakan oleh saudara-saudara kita. Contohnya, banyak yang kelaparan di luar sana, dengan puasa ini kita merasakan bahwa rasa lapar itu seperti apa. Maka dari itu selain mengevaluasi diri harus bisa saling berbagi," tuturnya.