19 Feb
104

Dekan Paparkan Tiga Tahapan Roadmap Pengembangan Fakultas Sains

HumasUIN - Roadmap pengembangan Fakultas Saintek terdiri dari tiga tahapan yaitu Tahapan Transisi yang sudah dimulai sejak tahun 2021 hingga 2023, Tahapan Aktualisasi yang merupakan tahapan kedua yang dimulai dari 2023 hingga 2025 dan Tahapab Penguatan yang direncanakan mulai 2025 hingga selesai pada 2023 mendatang. Hal ini disampaikan Dekan Fakultas Sains, Dr. Asep Saefurrahman pada Rapat Kerja (Raker) Fakultas Sains yang diadakan di Hotel Mambruk Anyer. 

Dia mengatakan pentingnya penyusunan dan pelaksanaan program yang telah disusun di roadmap untuk tercapainya visi misi fakultas sehingga mencapai akreditasi unggul. 

"Hal ini sejalan dengan arahan rektor mengenai pentingnya menyusun program kerja di wilayah pendidikan perguruan tinggi khususnya fakultas agar menjadi lebih unggul dan terdepan dalam menyongsong Indonesia emas," ungkapnya. 

Dia menambahkan tugas perguruan tinggi khususnya dosen di tiap fakultas untuk memenuhi kewajiban Tri Dharma adalah wajib, karena setiap perguruan tinggi wajib mendorong terbentuknya kemutakhiran ilmu pengetahuan sains dan teknologi sehingga mampu berkontribusi bagi kemajuan peradaban umat. 

"Untuk mencapai tujuan itu, diperlukan roadmap pengembangan fakultas yang terdiri dari banyak hal, salah satunya pengembangan sumber daya manusia," ungkapnya. 

Sebuah roadmap disusun untuk periode waktu yang cukup lama mulai dari tiga, lima bahkan 15 tahun kedepan dengan harapan setiap programnya dilaksanakan dengan teliti dan lengkap.

"Dengan adanya roadmap ini, diharapkan setiap dosen mampu melaksanakan setiap kegiatan dengan terstruktur sehingga menghasilkan hasil yang maksimal," ungkapnya.