19 Feb
144

Raker Sains, Prioritaskan Layanan Akademik berbasis IT

HumasUIN - Fakultas Sains UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten mengadakan Rapat Kerja tahunan yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 19 hingga 21 Februari di Hotel Mambruk Anyer. Kegiatan yang dibuka langsung oleh rektor ini dihadiri 34 peserta yang terdiri dari dekan, wakil dekan, kepala jurusan, SPI hingga tim IT, Senin (19/2). 

Dengan mengangkat tema "Peningkatan Layanan Akademik dan Layanan Laboratorium Fakultas Sains Menuju Akreditasi Unggul", raker tahun ini Fakultas Sains berorientasi pada beberapa faktor salah satunya akreditasi. 

Ketua Pelaksana Raker, Dr. Shobri mengungkapkan sesuai dengan arahan pada raker universitas beberapa waktu lalu, fokus tahun ini adalah akreditasi unggul baik ditingkat universitas maupun program studi. Salah satu program yang menjadi unggulan agar tercapainya akreditasi unggul adalah dengan peningkatan layanan akademik yang berbasis IT. 

"Rapat kerja kali ini diharapkan kita memahami bahwa layanan akademik menjadi sangat penting terlebih yang berbasis IT, karena akreditasi unggul tidak bisa tercapai jika layanan itu tidak terpenuhi," ungkapnya. 

Selain itu, saat ini Fakultas Sains memiliki lima laboratorium yang berkualitas seperti lab kimia komputasi, lab biokimia, lab multimedia, lab fisika hingga lab biologi tetapi semua belum terpakai secara maksimal. 

"Hal ini juga penting kita bahas pada raker kali ini karena nantinya kita juga akan mengajukan pembentukan prodi baru sehingga yang ada harus dimaksimalkan terlebih dahulu," ungkapnya. 

Rektor UIN Banten, Prof. Wawan Wahyuddin mengatakan ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan pada saat penyusunan program kerja tahunan, salah satunya adalah peningkatan Sumber Daya Manusia. Meningkatkan ekosistem Sumber Daya Manusia dalam bentuk penerimaan mahasiswa baru dengan seleksi yang ketat menjadi salah satu prioritas kampus dalam membentuk mahasiswa yang unggul dan berprestasi. 

"Saat ini kampus sedang membuka penerimaan mahasiswa baru dalam lima jalur dengan target penerimaan maksimal dan harus lebih baik dari tahun sebelumnya, oleh karena itu untuk mencapai program akreditas unggul harus diawali dengan sumber daya yang berkualitas, salah satunya berbasis IT," ungkapnya. 

Rektor menambahkan tahun ini UIN Banten akan melaksanakan visitasi akreditasi Institusi, modal utama untuk meraih nilai unggul adalah peringkat unggul di level program studi. Dengan demikian, kesungguhan dan keseriusan untuk meraih unggul di tataran prodi harus menjadi prioritas. 

"Untuk program ke depan kita ingin agenda prioritas kita diarahkan kepada tiga hal yaitu akeditasi, digitalisasi, dan green campus. Semoga menjadi dasar dalam merumuskan program kerja kita di tahun ini," ungkap rektor.