06 Feb
124

Rektor UIN Banten: Jadikan Pemilu Momen untuk Persatuan Bangsa

HumasUIN - Memasuki tahap akhir masa kampanye Pemilu 2024, UIN SMH  Banten melalui Rektornya, Prof. Dr. H. Wawan Wahyuddin, M.Pd., beserta keluarga besar UIN Banten, menyerukan seruan pemilu damai di gedung rektorat, Senin (05/02/2024).

Prof. Wawan Wahyuddin dalam sambutannya menekankan pentingnya menjaga kedamaian, kerukunan, dan keamanan selama pelaksanaan kampanye Pemilu. Beliau menegaskan bahwa Pemilu memiliki makna penting dalam menjaga penyelenggaraan bernegara dan merawat tata pemerintahan demokratis demi mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia, sebagaimana dimandatkan dalam konstitusi.

“Pemilu merupakan momen penting bagi bangsa Indonesia untuk menentukan masa depannya. Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama menjaga dan menyukseskan pesta demokrasi ini agar berjalan dengan aman, kondusif, dan bermartabat.,” ujar Prof. Wawan

Sebagai perguruan tinggi Islam negeri, UIN Banten berkomitmen untuk mendukung terlaksananya pemilu yang aman, damai, dan bermartabat. Prof. Wawan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah kontestasi politik.

“Marilah kita jaga bersama persatuan dan kesatuan bangsa di tengah hiruk-pikuk kontestasi politik. Pemilu adalah momen untuk memperkuat demokrasi, bukan untuk memecah belah bangsa. Bersama-sama, mari ciptakan sejarah harmoni dalam keberagaman,” imbuhnya.

Kegiatan seruan pemilu damai ini diinisiasi oleh UIN Banten sebagai bentuk komitmen untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024. Diharapkan seruan ini dapat menjadi landasan bagi seluruh peserta pemilu untuk menjalankan kontestasi politik dengan sportivitas dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi.

Dukungan keluarga Besar UIN Banten

Rektor UIN Banten didampingi para wakil rektor, dekan fakultas, dosen, dan mahasiswa turut mendeklarasikan komitmen mereka untuk menjaga perdamaian dan keamanan selama Pemilu 2024. Deklarasi ini dibacakan oleh Dr. H. Hidayatullah M.Pd., Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama.

“Kami keluarga besar UIN Banten berkomitmen untuk menjaga lingkungan yang kondusif dan aman selama masa kampanye dan pemungutan suara. Kami siap membantu penyelenggara Pemilu dan aparat keamanan untuk menciptakan Pemilu yang damai dan bermartabat,” kata Dr. Hidayatullah.

Pesan Damai untuk Masyarakat

UIN Banten mengajak seluruh masyarakat Banten untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah kontestasi politik. Masyarakat diimbau untuk tidak mudah terprovokasi oleh berita bohong dan ujaran kebencian yang dapat memecah belah persatuan bangsa.

“Mari jadikan perbedaan pilihan politik sebagai ajang untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan kita, bukan sebagai alasan untuk perpecahan. Kita adalah satu bangsa, Indonesia, dan kita harus tetap bersatu padu meskipun memiliki pilihan politik yang berbeda,” pungkas Prof. Wawan.

Kegiatan seruan pemilu damai ini ditutup dengan doa bersama untuk kelancaran dan kesuksesan Pemilu 2024.