22 Jan
1239

Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2024 dibuka, Siapkan 151.266 Kuota

HumasUIN - Rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Hadir dalam rangka kegiatan peluncuran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Tahun 2024 di Hotel Yuan Garden Pasar Baru, Jakarta. Acara ini dihadiri oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dan seluruh Kepala Kantor Wilayah Kemenag dari seluruh Indonesia, Jumat (19/1).

Kegiatan ini mengambil tagline Start to be Smart, dengan harapan dalam input PTKIN itu adalah sudah smart dan bertambah dengan nilai plus smart-nya.

"Tidak hanya smart secara intelektual, tapi juga smart sosial, smart emosional, dan tentu saja smart spiritual. 'Start to be Smart' mencerminkan tekad kita untuk memulai perjalanan kecerdasan yang komprehensif," ungkap Nyayu Khodijah selaku ketua Panitia.

Nyayu menjelaskan, proses seleksi nasional ini akan dilaksanakan oleh 58 PTKIN dan 1 PTN yang tersebar se-Indonesia dengan pilihan 1.301 program studi, dan rincian daya tampung 65.574 orang untuk kuota formasi SPAN-PTKIN, serta 85.692 orang untuk kuota UM-PTKIN.

“Selain jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN, calon mahasiswa juga bisa mendaftar di jalur PMB Mandiri di masing-masing perguruan tinggi,” ujar Nyayu.

Nyayu juga mengungkapkan bahwa dalam penyelenggaraan UM-PTKIN 2024, tidak ada pembagian kelompok ujian berdasarkan Bahasa, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), maupun bidang kejuruan.

"Karena itu, setiap lulusan dari Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimi/Mua’dalah Salafiyah diberikan kebebasan untuk memilih program studi tanpa adanya batasan kelompok ujian tertentu," ungkapnya.

Proses pendaftaran melalui jalur SPAN-PTKIN akan dilaksanakan mulai tanggal 12 Januari 2024 hingga 15 Februari 2024. Sementara pendaftaran UM-PTKIN akan dibuka dari tangga 6 Mei 2024 hingga 15 Juni 2024. Informasi terkait PMB PTKIN Tahun 2024 bisa diakses secara jelas di laman resmi www.ptkin.ac.id.


Rektor UIN SMH Banten mengungkapkan UIN SMH Banten yang berbasis di Provinsi Banten adalah salah satu pilihan yang sangat baik untuk melanjutkan studi di lembaga pendidikan keagamaan dengan banyak pilihan prodi di dalamnya, mulai dari prodi agama hingga prodi umum. "Semoga dengan bergabungnya teman-teman ke PTKIN khususnya di UIN Banten dapat memberikan kontribusi positif dalam pembangunan masyarakat dan bangsa," ungkapnya.

Rektor mengajak putra putri terbaik dimanapun berada untuk bergabung daftar belajar di kampus kebanggaan umat dan bangsa bergerak maju menuju Indonesia Emas.

"UIN SMH Banten bersama kanwil kemenag dan Dindik provinsi Banten terus berkolaborasi dan bersinergi untuk mendorong anak didik yang berada di wilayah Banten khususnya untuk bergabung menjadi keluarga besar UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten baik di jenjang Strata S1, Magister Maupun Doktor," ungkapnya