21 Okt
587

Mewujudkan Visi Universitas Unggul dan Berwawasan Global

Memasuki usianya yang ke 61, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten terus melakukan perbaikan dan perubahan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mutu lulusannya. Dalam rangka Dies Natalis ke 61 UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Prof. Dr. H. Wawan Wahyudin, M.Pd bersama Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni (Dr.H. Hidayatullah, M.Pd), Direktur Pasca Sarjana (Prof. Dr. H. Ilzamuddin, MA) dan Wakil Direktur Pasca Sarjana (Prof. Dr. H. Naf’an Tarihoran, M.A) dan Kasubag Pascasarjana (Slamet Sucioto, SE, M.Si) melakukan kunjungan ke perguruan tinggi luar negeri di Kazan- Rusia dan Istanbul-Turki. Tujuan kegiatan ini dalam rangka mengembangkan kerjasama tri dharma Perguruan Tinggi dan pengembangan Sumber Daya Manusia, juga mengisi kegiatan konfrence di Akademi Islam Bolgar, Kazan-Rusia.

Pengembangan jaringan kelembagaan ke Universitas di luar negeri merupakan suatu keniscayaan yang harus dilakukan sebagai pelaksanaan visi UIN Sultan Maulana Hasanuddin yaitu “mewujudkan universitas yang unggul dan berwawasan global. Melalui kerjasama ini, diharapkan civitas akademika UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dapat terus meningkatkan mutu layanan akademik dan suasana akademik yang kompetitif dan kolaboratif di berbagai aktivitas, baik pada level skala nasional maupun internasional.

 

UNIVERSITAS KARABUK (UNIKA) TURKI

Pada hari kamis, tanggal 12 oktober 2023 rombongan yang dipimpin langsung oleh rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten berangkat dari Indonesia menuju Turki, dan tiba di Bandara Istanbul-Turki pada tanggal 13 Oktober 2023 pukul 06.00 pagi dan sampai di tempat penginapan (hotel) wilayah Karabuk tepat pada pukul 10.00 yang langsung disambut oleh kepala International Office. Selanjutnya, rombongan menuju Universitas Karabuk untuk melaksanakan Sholat Jum’at yang dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah dengan civitas akademika UNIKA. Kegiatan ini langsung disambut oleh Rektor UNIKA, wakil Rektor, Direktur Pasca Sarjana dan Kepala Departemen Sains serta beberapa pejabat Civitas akademika UNIKA. Dan dalam kegiatan ini juga hadir para mahasiswa Indonesia yang kuliah di UNIKA ini, salah satunya adalah alumni UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten yang sedang menempuh jenjang S2 pada bidang Bahasa Inggris, karena ia merupakan lulusan S1 Jurusan Tadris Bahasa Inggris UIN SMH Banten.

Kegiatan penandatanganan Momerandum of Understanding(MoU) dilakukan oleh Rektor UIN SMH Banten dan Rektor UNIKA di ruang rektorat yang dihadiri oleh beberapa pimpinan dari kedua Perguruan Tinggi. Beberapa catatan penting yang disampaikan oleh Rektor dan Wakil Rektor serta Program Pasca Sarjana UNIKA yang disampaikan setelah penandatanganan MoU untuk dapat ditindak lanjuti dari hasil kegiatan ini, yakni melaksanakan kerjasama pendidikan, seperti program beasiswa studi S2 maupun S3 di UNIKA, pertukaran sebagai penguji luardalam sidang tesis maupun disertasi, kunjungan mahasiswa melalui kegiatan Student Mobility, seminar-seminar maupun kegiatan lainnya yang disepakati, seperti join riset maupun penerbitan jurnal ilmiah.

Mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh studi di UNIKA ini kurang lebih ada 150 orang. Dan menurut keterangan dari UNIKA bahwa kampus ini merupakan rangking kesatu universitas yang memiliki mahasiswa asing paling banyak di Turki. Dan targetnya UNIKA siap menampung mahasiswa asal Indonesia sebanyak 1000 orang. Luas kampus ini ± 12 Ha. Meskipun universitas ini relatif masih muda yaitu berdiri menjadi universitas pada tahun 2017, di mana sebelumnya berbentuk vokasi saja, namun perkembangannya sangat pesat. Kemudian acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan tukar informasi. Rombongankemudian didampingi kordinator International Office (Pak Adnan) melakukan mengunjungi tempat wisata sekitar bangunan kuno di sekitar kampus danjuga mengelilingi area kampus untuk melihat sarana-prasarana kampus UNIKA.
 
Hidayatullah, dkk. Moskow, 18 Oktober 2023