13 Sep
354

Ciptakan Peneliti yang Unggul, Fakultas Sains UIN SMH Banten Gandeng BRIN Dalam Pembekalan PKL

HumasUIN – Fakultas Sains UIN Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten mengadakan pembekalan untuk Mahasiswa semester lima dan tujuh jelang Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan magang yang betemakan “Sarjana Biologi Membangun Negeri: Peran dan Kontribusi sebagai Peneliti dan Praktisi”. Acara ini digelar di Aula Lt.3 Gedung Fakultas Sains UIN SMH Banten pada Rabu, (13/09/2023).

Sebanyak 107 Mahasiswa Fakultas Sains UIN SMH Banten, terdiri dari semester lima sebanyak 46 Mahasiswa dan semester tujuh sebanyak 61 Mahasiswa. Dari peserta yang hadir, dikhususkan untuk Mahasiswa semester tujuh yang akan diamanati untuk menyelesaikan tugas PKL di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Jakarta Pusat yang akan berjalan pada semester ini.

Acara pembekalan ini dihadiri langsung oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dekan Fakultas Sains beserta jajarannya beserta Ketua Tim Peneliti dari Pusat Riset Lingkungan dan Teknologi Bersih.

Dalam sambutannya, Dr. Asep Saefurohman selaku Dekan Fakultas Sains UIN SMH Banten mengharapkan setelah terlaksana acara pembekalan ini, Mahasiswa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan bisa mengaplikasikan dengan baik ketika melaksanakan PKL dan Magang nanti.

"Saya sangat berharap Mahasiswa mendapatkan ilmu yang nantinya akan berguna ketika mereka turun ke lapangan dan saya ingin Mahasiswa menjadi Sarjana Biologi yang dapat membangun Negeri seperti tema kita hari ini," harapnya.

Di samping itu, Dr. Ir. Ikbal, M. Eng. selaku Ketua Tim Peneliti dari Pusat Riset Lingkungan dan Teknologi Bersih mengatakan bahwa Mahasiswa Fakultas Sains harus bisa saling berinteraktif dalam tanya jawab yang diberikan dalam acara ini.

"Saya ingin Mahasiswa di acara ini memiliki banyak pertanyaan untuk pemateri agar acara ini bisa berjalan dengan baik dan semoga kalian semua bisa menjadi Mahasiswa yang berkualitas, baik dari segi keilmuan, peradaban serta berakhlakul karimah" katanya.

Bersamaan dengan itu, Wakil Rektor III UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Dr. Hidayatullah mengucapkan terima kasih kepada perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang sudah bersedia datang dan bersedia mengisi pembekalan kepada Mahasiswa Fakultas Sains.

"Pertama saya mengucapkan terima kasih kepada BRIN yang sudah bersedia hadir, karena Mahasiswa Sains itu perlu memperkuat keilmuannya agar apa yang disampaikan memang suatu kebenaran maka dengan adanya pembekalan disini membuat mahasiswa paham bagaimana harus bertindak dengan semestinya," tuturnya.

Dr. Hidayatullah pun berharap agar bisa menjalin kerjasama dengan BRIN, karena bagaimanapun kita masih membutuhkan pengalaman serta ilmu yang akan diserap banyak oleh Mahasiswa UIN terkhusus Fakultas Sains.

"Saya juga sangat berharap bisa bekerjasama dengan BRIN tidak hanya untuk kepentingan magang karena masih banyak daerah Banten yang tertinggal dan saya berharap kita bisa sama-sama membangunnya menjadi lebih baik lagi serta jangan lupa untuk terus berkunjung ke UIN SMH Banten ini agar tali silaturahmi kita tetap terjaga," lanjutnya.