21 Jan
285

Rakor Warek III Jawara, Warek III UIN Banten Terpilih menjadi Ketua Forum

HumasUIN - Forum Wakil Rektor III PTKIN se-Jawa dan Madura (Jawara) mengadakan rapat koordinasi (Rakor) di IAIN Kediri pada 19-20 Januari 2023. Forum ini dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI, Ahmad Zainul Hamdi.

Rakor yang dihadiri 18 perwakilan PTKIN se-Jawa Madura ini membahas persiapan Pekan Olahraga, Seni, dan Ilmiah (PORSI) yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Mei 2023 di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, berbagai isu terkait kemahasiswaan di lingkup PTKIN serta membahas agenda pemilihan kepengurusan baru forum wakil rektor III Jawara.

Dalam sambutannya, Direktur Diktis mencanangkan program khusus penguatan moderasi beragama di lingkup PTKN atas dasar hasil evaluasi tahun lalu yang masih di bawah target. Prof. Inung, panggilan akrabnya, mencanangkan penguatan moderasi beragama melalui media khusus yang sedianya akan digagas oleh seluruh PTKN di Indonesia.

“Sudah dua tahun kita menggeber moderasi beragama yang merupakan salah satu dari tujuh program prioritas Kementerian Agama RI. Akan tetapi, survei terbaru yang dilakukan oleh tenaga ahli kepada media menunjukkan masih kurangnya penguatan moderasi beragama melalui media daring maupun cetak,” ungkapnya.

“Oleh karena itu, ke depannya kita akan gagas media keislaman online khusus yang aktif mempublikasikan berbagai tulisan dan sejenisnya terkait moderasi beragama di setiap PTKN. Saya yakin, jika ini dapat berjalan dengan baik, rapor kita akan naik di penghujung tahun,” sambungnya optimis.

Hasil musyawarah mufakat para peserta yang hadir, diputuskan bahwa kepengurusan baru diemban oleh Wakil Rektor 3 UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Hidayatullah, sebagai Ketua dan Wakil Rektor 3 IAIN Kediri, M. Dimyati Huda, selaku sekretaris.

Wakil rektor III UIN SMH Banten, Hidayatullah mengatakan saat ini ketua forum Jawara wakil rektor III IAIN Kudus sudah berpindah menjadi wakil rektor I dan sekretaris Jawara Wakil rektor III IAIN Kediri menjadi rektor, maka dalam rakor forum warek III ini dilakukan pergantian pengurus.

"Berdasarkan musyawarah itu, saya ditunjuk menjadi ketua forum warek tiga IAIN Kediri sebagai sekretarisnya," ungkapnya.

Dia berharap setelah rakor ini prestasi kemahasiswaan PTKIN semakin membaik, baik prestasi akademik maupun non akademik serta dinamika kemahasiswaan semakin positif, harmonis, moderat, pancasialis dan cinta NKRI sehingga citra PTKIN di mata publik semakin baik pula.