08 Des
103

Jurusan HES Hadirkan Dr. Ahmad Juwaini

HumasUIN - Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (HES) Fakultas Syariah UIN Banten mengadakan Expert Lecture dengan tema “Peran Hukum Ekonomi Syariah dalam Inovasi Ekonomi dan Keuangan Syariah" dengan mengundang Dr. Ahmad Juwaini. Bertempat di Aula utama, kegiatan ini dihadiri oleh para dosen serta mahasiswa fakultas syariah, Kamis (8/12).

Wakil dekan dua Fakultas Syariah, Dr. Dedi Sunardi mengatakan tujuan kegiatan ini untuk memberikan literasi kepada para mahasiswa agar paham peranan hukum muamalah dan bagaimana penyusunan regulasi tentang hukum ekonomi syariah.

Dia mengatakan di Indonesia ada dua sistem keuangan yang secara regulasi nasional diakui yaitu konvensional dan sistem Syariah. Sistem syariah yang masih dalam perkembangannya diharapkan didorong bisa memberikan solusi terhadap perkembangan dan perekonomian nasional.

"Beberapa tantangan yang dihadapi oleh lembaga keuangan syariah selain problem permodalan juga terkait mentalitas integritas dan sumber daya manusia yang profesional dari lembaga keuangan syariah," ungkapnya.

Secara institusional lembaga keuangan syariah membutuhkan berbagai regulasi sebagai landasan hukum dalam pelaksanaannya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Dr. Ahmad Juwaini Direktur Keuangan Sosial Syariah menjelaskan mengenai bagaimana tahapan pengembangan ekonomi syariah.