06 Des
149

Prodi HKI Ajak Mahasiswa Perkuat Perlindungan Perempuan dan Anak

HumasUIN - Prodi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten kembali mengadakan Expert Lecture yang bertajuk "Perlindungan Perempuan dan Anak Dalam Ruang Lingkup Peradilan Agama" yang dilaksanakan di Aula Sadzeli Hasan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Selasa (6/12)

Dekan Fakultas Syariah Ahmad Zaini mengatakan bahwa kegiatan expert lecture ini merupakan agenda rutin tahunan yang selalu dilakukan oleh tiap prodi di Fakultas Syariah.

"Kegiatan ini bertujuan agar para mahasiswa lebih memahami apa itu hukum-hukum dari perlindungan perempuan dan anak, serta bisa mencegah bentuk-betuk kekerasan seksual, hingga bagaimana cara pemulihan terhadap korban serta berbagi tips untuk melindungi diri dan mengantisipasi agar tidak terjadinya pelecehan seksual serta bahaya perundungan atau bullying," Kata Ahmad Zaini saat memeberikan sambutannya.

Dalam expert lecture ini turut menghadirkan tokoh penting dan juga sebagai Narasumber yaitu Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung, Prof. Dr. H. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M..

Turut membuka kegiatan expert lecture tersebut yaitu Wakil Rektor III UIN SMH Banten, Hidayatullah yang juga menyampaikan dalam sambutannya bahwa gerakan perlindungan anak dan perempuan harus didukung penuh jika memang bertujuan memperkuat perlindungan anak dan perempuan.

Sebab, kata dia, Islam adalah agama yang sangat jelas memiliki orientasi perlindungan anak dan perempuan. Bahkan juga perlindungan kepada seluruh orang-orang yang lemah.

"Saya bersyukur sekali karena acara ini dapat dilaksanakan karena ini merupakan komitmen bersama bagi kami untuk mempersiapkan sumber daya manusia kita dalam melawan dan mencegah bentuk-bentuk kekerasan terhadap perempuan dan Anak," tutur Hidayatullah saat memberikan sambutannya.

Dalam sambutannya, Hidayatullah juga membahas tentang peningkatan sumber daya manusia pada usia dini. “Jika bangsa Indonesia berhasil mendidik anak pada usia dini atau pra sekolah dasar, maka akan sangat berpotensi untuk membangun sumber daya manusia kedepannya. Oleh karena itu, kami UIN SMH Banten sangat konsen terhadap hal ini," ucapnya.