04 Agu
36

KEMBALI UPZ UIN SMH BANTEN SALURKAN BANTUAN PENDIDIKAN BAGI PULUHAN MAHASISWA

HumasUIN - Unit Pengumpul Zakat (UPZ) UIN Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten kembali menyalurkan zakat kepada puluhan Mustahik (penerima zakat) yang berhak menerima. Kegiatan penyaluran zakat tersebut dilakukan di Aula Fakultas Syariah UIN SMH Banten, Selasa (28/7)

 

Ketua UPZ UIN SMH Banten Masduki, M.A. menjelaskan, dana bersumber dari zakat yang dikeluarkan para pegawai dan dosen di UIN SMH Banten, kemudian di salurkan kepada puluhan Mustahik yang merupakan mahasiswa berprestasi dari keluarganya kurang mampu.

 

”UPZ berharap tahun-tahun mendatang jumlah bantuan pendidikan dapat terus ditingkatkan seiring dengan bertambahnya jumlah muzakki dan jumlah munfiq. Bantuan pendidikan terkumpul sebanyak 46 juta dan dibagikan kepada 40 mahasiswa dan ada beberapa diberikan kepada marbot masjid Al-Hikmah UIN SMH Banten," harapnya

 

Selain itu Masduki menuturkan, bantuan pendidikan diberikan kepada 40 mahasiswa (mustahik) yang berasal dari berbagai fakultas di UN SMH Banten, masing-masing Mustahik mendapatkan satu juta rupiah.

 

Ditambahkannya, potensi pertumbuhan zakat di UIN SMH Banten cukup besar, dosen dan karyawan yang telah berzakat (muzaki), kami yakin kedepannya bertambah, maka semakin bertambah muzaki maka semakin banyak penerima zakat untuk disalurkan.

 

"Zakat yang dikumpulkan ini dua setengah persen dari penghasilan. Semoga dana ini bermanfaat bagi penerima dan mampu membantu untuk kelancaran kuliahnya serta mendapatkan keberkahan," jelasnya.

 

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor I UIN SMH Banten Prof. Mufti Ali mengatakan, UPZ ini di UIN SMH Banten didirikan karena zakat adalah perintah agama (syariat Islam), dan melihat potensi di UIN SMH Banten, serta keinginan dosen dan pegawai untuk berzakat banyak. 

 

"Keberhasilan UPZ dalam menghimpun dana zakat, merupakan kerja keras dari seluruh pengurus yang telah meluangkan waktu dan motivasi yang diberikan Rektor serta pimpinan UIN Banten lainnya dalam kegiatan penghimpunan dan pendistribusian bantuan pendidikan," katanya

 

Selain itu, Mufti Ali memberikan motivasi bagi mahasiswa yang menerima zakat agar semakin semangat dan belajar lebih giat untuk kesuksesan masa depannya.

 

“Dengan adanya bantuan ini diharapkan mahasiswa terus meningkatkan semangat belajar, dapat menyelesaikan studinya tepat waktu serta menjaga nama baik kampus UIN Banten,” tuturnya