23 Jun
498

UIN SMH Banten Jalin Kerjasama dengan Empat Media Lokal Banten

HumasUIN - UIN Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten menjalin kerjasama dengan empat media cetak yang ada di Banten. Kerjasama tersebut sebagai salah satu upaya pengembangan UIN SMH Banten khususnya di bidang pendidikan.

Kerjasama diselenggarakan di Aula Rektorat UIN SMH Banten, Selasa (21/6), dan ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara UIN SMH Banten dengan 4 media. Yakni PT. Wahana Semesta Tangerang (Tangerang Ekspres), PT. Wahana Semesta Banten (Radar Banten), PT. Wahana Semesta Cilegon (Banten Raya), dan PT. Fajar Pikiran Rakyat (Harian Umum Kabar Banten).

Rektor UIN SMH Banten, menyambut bahagia kerjasama dengan media lokal ini. "Kebahagian buat kami kerjasama dengan UIN yang terus berkembang," katanya.

Lebih lanjut, sejak dirinya diangkat menjadi Rektor UIN SMH Banten sudah menanti kerjasama dengan media seperti ini. Kerjasama tersebut penting dilakukan untuk pengembangan dunia pendidikan.

"Sejak awal dapat amanah kerjasama, ini kerjasama dengan berbagai lini, jurus baik dunia perbankan, perusahaan, perguruan tinggi termasuk media," ujarnya.

Menurunya, ada tiga hal yang perlu dikawal dalam kerjasama media dengan lembaga pendidikan kampus.

Pertama kualitas pendidikan, survei yang dilakukan dari 70 negara, Indonesia berada di ranking 50. "Bagaimana mendobrak kualitas. Kedua, undang-undang Sisdiknas yang baru, sebagai anak bangsa wajib mengawal, kalau tidak ada madrasah bagaimana, karena sebelum ada UIN sudah lahir madrasah," katanya.

"80 persen madrasah tidak dikawal APBN, kalau mau membesarkan UIN harus bisa membesarkan madrasah," ujarnya menambahkan.

Ketiga, lanjut Wawan, keamanan negara, ideologi, dan pergaulan bebas. 

"Kerjasama tetap, kesempatan ini kami buka, coba kita kerjasama dengan nasional TV," ucapnya.

Direktur Utama Radar Banten Group, Mashudi merasa bangga dan bahagia atas kerjasama yang telah dijalin. Khususnya akademisi nantinya akan mengisi ruang-ruang kosong dalam pendidikan. "Tentunya kami sangat bahagia dan bangga," katanya.

Ia menuturkan, pihaknya bersama media-media lokal akan terus mengawal pembangunan khususnya dalam dunia pendidikan, yang tentunya dengan sumber yang kredibel. "Sekarang berita yang banyak dicari adalah berita receh, maka ini adalah tantangan kita semua yang harus mengawal," paparnya. 

Dilokasi yang sama, Direktur PT. Fajar Pikiran Rakyat (Harian Umum Kabar Banten) Rachmat Ginandjar mengatakan bahwa kerjasama ini bukan yang pertama dan bukan pula yang terakhir.

"Mengapresiasi karena angka perguruan tinggi atau kampus memiliki visi dan misi yang sama," ucapnya.

Ia menilai, lembaga pendidikan pastinya mencerdaskan pendidikan di kancah perguruan tinggi di Banten dan umumnya di Indonesia.

"Kerjasama yang sangat strategis, karena dengan media harus mengawal, tetapi juga tugas perguruan tinggi. Bisa meriset dan mengembangkan segala macam adaptasi dengan perkembangan zaman pada platform online dengan pikiran rakyat. 187 portal berita se-Indonesia, dan kabar Banten termasuk," katanya.

"Bisa kami bantu di platform itu, tidak hanya kewilayahan lokal, tapi bisa mendunia. Kamipun di kolom cetak koran bisa menulis gagasannya yang terukur. Seperi Prof Ilzam, media penting sebagai alat ukur dalam perguruan tingginya," ucapnya menambahkan.