21 Jun
159

UIN SMH Banten dan Ponpes Bai Mahdi Kembangkan Kualitas Pendidikan

Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten, menandatangani nota kesepahaman atau MoU dengan Pondok Pesantren Al-Qur'an Bai Mahdi Soleh Ma'mun. Momen tersebut berlangsung di Desa Jl. Raya Palima Cinangka, Sindangheula, Kec. Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten, Rabu Pagi (20/6).

Penandatanganan MoU dilakukan langsung oleh Rektor UIN SMH Banten Wawan Wahyuuddin, dengan Ketua Ponpes Al Quran Bai Mahdi Soleh Ma’mun, Ratu Rachmatuzakiyah yang didampingi Pembina Yayasan Bai Mahdi Soleh Ma’mun Yandri Susanto. Turut hadir Kepala Biro AAKK UIN SMH Banten Ahmad Bazari Syam
dan Kepala Biro AUPK UIN SMH Banten Yayat Supriyadi.

Rektor UIN SMH Banten Wawan Wahyuuddin mengatakan, MoU ini untuk pengembangan Tri Dharma perguruan tinggi, meningkatkan kualitas pendidikan dan implementasi merdeka belajar.

"Kami bersepakat untuk membuat perjanjian kerja sama membangun pengembangan, khususnya kualitas pendidikan bagi pondok pesantren dan madrasah, maka dari itu madrasah, ibtidaiyah dan tsanawiyah harus hidup Di Banten. Di Banten 80 persennya adalah madrasah. Kalau ingin membesarkan UIN maka besarkan madrasah," tegas Wawan saat memberikan sambutan di acara perpisahan dan kenaikan kelas Ponpes Al Quran Bai Mahdi Soleh Ma’mun

Rektor juga mengingatkan kepada para pembina ataupun pengurus pondok pesantren dan madrasah untuk meningkatkan keamanan di jejaring media sosial khusus kepada para pelajar dan santri untuk tetap diawasi, agar tidak terpengaruh dalam hal-hal negatif atau pemahaman yang menyimpang.

"Tolong untuk medsos diwaspadai, karena akhir-akhir ini cenderung mengadu domba atas nama agama, jadi jangan sampai terpancing hal-hal negatif, tetap kondusif dan tetap teguh memegang ideologi pancasila," ungkap Wawan

Sementara itu, Ketua Komisi VIII Yandri Susanto sekaligus pembina Ponpes Al Quran Bai Mahdi Soleh Ma’mun menuturkan, setelah MoU ini ada tindaklanjutnya dan menginginkan agar lulusan dari Ponpes Al Quran Bai Mahdi Soleh Ma’mun bisa melanjutkan pendidikannya serta mendapatkan beasiswa dengan mengirim para lulusannya untuk belajar di perguruan tinggi khususnya di UIN Banten.


"Tentu kami ingin ada follow up, anak-anak lulusan dari
Ponpes Al Quran Bai Mahdi Soleh Ma’mun bisa mendalami keilmuannya di UIN Banten. Tidak menutup kemungkinan juga para tenaga pengajar di UIN Banten kami undang di Ponpes kami nanti sebagai pemateri atau yang lainnya untuk membagikan wawasan keilmuan kepada santri dan pelajar kami," terangnya.