15 Jun
283

Jumlah Pendaftar UM-PTKIN Meningkat Drastis, UIN SMH Banten Maksimalkan Sarpras

HumasUIN - Hari pertama pelaksanaan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, selasa (14/6/2022) berjalan lancar. Jumlah pendaftar di UIN Sunan Maulana Hasanuddin Banten mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yakni sebanyak 6.174 orang.

Peserta yang mengikuti ujian di sini sebanyak 2.483 orang yang terbagi dalam 9 sesi dimana dalam setiap sesi terdapat 20 orang disetiap ruangnya.

Rektor UIN SMH Baten, Prof. Wawan Wahyudin memberikan support penuh atas keterlaksanaannya ujian SSE ini. Ia melakukan pengawasan secara langsung diruang ujian. Tak hanya itu, ia juga memberikan semangat kepada peserta untuk melakukan yang terbaik dalam pelaksanaan ujian.

“Dengan peningkatan jumlah peserta yang signifikan, kami siap membersamai kalian untuk menjadi generasi yang berakhlaqul karimah untuk Indonesia emas. Jadi untuk para peserta lakukan yang terbaik untuk masa depan kalian” tutur rektor.

Lebih lanjut, dalam penyelenggaran ujian SSE ini, ia juga menyiapkan sarana dan prasarana yang memadahi, sehingga peserta yang dalam melaksanakan ujian dengan lancar.

Seleksi ini serentak diselenggarakan oleh semua PTKIN di Indonesia selama lima hari ke depan, 14-18 juni 2022. Pelaksanaan ujian UM-PTKIN dilakukan secara elektronik, yakni berlangsung secara daring melalui aplikasi yang disiapkan oleh panitia pusat. Peserta bisa menggunakan smartphone ataupun gadget yang lain seperti notebook, laptop ataupun PC.

Meskipun dilakukan secara daring, pelaksanaan di kepanitiaan lokal juga melibatkan pengawas. Sebanyak 70 orang pengawas telah disiapkan di UIN SMH Banten. Selama ujian, setiap gerak peserta direkam oleh kamera. Tak hanya itu, aplikasi ini juga dapat merekam audio dari peserta ujian sehingga segala yang diucapkan dapat dipantau oleh pengawas.

“Aplikasi SSE tahun ini memiliki banyak inovasi dari fitur dan layanannya, seperti perekam audio, teguran lebih terstruktur, dan fitur bantuan yang dapat merespon kendala peserta secara langsung sehingga kendala peserta sangat minim dan cepat teratasi”, jelas Dafi, pengawas UIN SHM Banten.