18 Mei
225

UIN Banten dan BI Banten Kolaborasi Pengembangan Perekonomian

HumasUIN - Rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten didampingi, Wakil rektor II dan ketua Lembaga Penjaminan Halal menerima kunjungan silaturahmi dari Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Banten. Pertemuan yang dilaksanakan diruang rektor ini dihadiri Kepala Perwakilan BI Provinsi Banten, didampingi Kepala Tim Purwanto, Deputi Kepala Perwakilan Agus Hartanto dan Kepala Perwakilan Gunawan, Rabu (18/5).

Rektor UIN Banten Wawan Wahyuddin menyambut baik kunjungan yang dilakukan BI Banten beserta jajarannya. Dia mengatakan silaturahmi seperti ini harus sering dilakukan bukan hanya untuk membahas kerjasama instansi, tapi juga bagaimana pengembangan perekonomian umat khususnya di Banten.

"Dengan silaturahmi tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan, oleh karena itu penting adanya pertemuan seperti ini," ungkapnya.

Dia menjelaskan jika di UIN Banten ada Lembaga Penjaminan Halal (LPH) yang dalam hal ini memiliki beberapa program seperti Program Pelatihan Pendamping Proses Produk Halal (PPH) bagi 1000 Mahasiswa UIN SMH Banten pada batch 1. Melatih Pendamping PPH diawali dg Training of Trainer (ToT) Pendamping PPH bagi 105 Dosen UIN SMH Banten.

"Dengan 1000 Pendamping PPH, diharapkan akan menghasilkan 1000 atau 2000 sertifikat halal bagi pelaku usaha UMK (Usaha Mikro dan Kecil). Hasil sertifikat halal di Banten ini mengejar target negara pd tahun 2022 dg target 25000 sertifikat halal hingga 30 Juni 2022," ungkapnya.

Kepala perwakilan BI Provinsi Banten, Imaduddin Sahabat mengatakan Bank Indonesia (BI) menyambut baik program LPH UIN Banten dan dalam menjalankan programnya BI membutuhkan dukungan dan kolaborasi semua pihak termasuk perguruan tinggi. Saat ini BI memiliki banyak tugas dan fungsi dalam rangka pengembangan perekonomian khususnya di Banten. BI berkonsen pada kegiatan pokok, salah satunya stabilisasi ekonomi yang didalamnya memonitoring pengembangan ekonomi syariah.

Selain itu dalam banyak hal BI juga melibatkan mahasiswa untuk pelaksanaan program pengembangan perekonomian umat seperti wisata halal, UMKM serta industri dan kegiatan ini akan terus dilakukan pembinaan yang berkesinambungan sehingga berjalan dalam waktu yang lama.

"Dengan pertemuan ini, kami berharap kedepannya ada kolaborasi yang besar antara UIN SMH Banten dengan BI Banten yang akan menghasilkan program besar untuk meningkatkan perekonomian umat," ungkapnya.