05 Apr
986

Tingkatkan Tridharma Perguruan Tinggi, UIN Banten Gandeng Kemenag Kota Serang dan Kabupaten Serang

HumasUIN – Upaya mendorong pengimplementasian Tridharma Perguruan Tinggi (PT), Fakultas Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten menjalin kerjasama dengan kantor Wilayah Kementrian Agama (Kemenag) Kota dan Kabupaten Serang. 

Kerjasama antara Fakultas Syariah dan Kemenag kota Serang sebelumnya sudah dilaksanakan pada Rabu, 30 Maret 2022, kemudian menyusul kerjasama dengan kemenag Kabupaten Serang pada Jumat, 1 April 2022.

Isi kerjasama tersebut meliputi unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diantaranya adalah Program Pengalaman Lapangan (PPL), Magang, penyelenggaraan penelitian bersama dan menjadi narasumber untuk berbagai agenda seminar atau pelatihan.

Menanggapi kerjasama yang dilakukan oleh Fakultas Syariah, Rektor UIN SMH Banten Prof. Wawan Wahyuddin menyambut positif. Menurut Wawan kerjasama ini dilakukan sejalan dengan Misi nya sebagai Rektor yaitu mengembangkan kerja sama yang produktif, berdaya saing dan berkelanjutan di dalam dan luar negeri. 

"Saya siap melakukan berbagai bentuk kerjasama dengan siapapun, termasuk kemenag, karena ini merupakan salah satu misi saya untuk meningkatkan UIN menjadi kampus yang unggul serta global," ungkapnya

Demi tercapai kampus yang unggul, lanjut Wawan, perlu dilakukannya berbagai tranformasi, yakni tranformasi Institusi, Tranformasi Digital dan Tranformasi Internasionalisasi. 

“Ini yang kita perlu pahami, kita sedang berada pada fese tranformasi, sekarang masyarakat harus berpikir global. Menaikkan kualitas kampus yang bertaraf World Class University tak bisa dipisahkan dengan pengembangan digital secara internasional. Bagaimana cara dengan adanya tranformasi ini bisa mengembangkan teknologi untuk mengikuti perkembangan zaman," tuturnya

Terkait kerjasama dengan dua patner tersebut,, Dekan Fakultas Syariah Dr. Ahmad Zaini mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah tindak lanjut dari Kerjasama MoU antara UIN Banten dengan Kemenag Banten yang sebelumnya telah dilakukan. 

“Untuk menindaklanjuti kerjasama UIN Banten dan Kemenag Provinsi Banten, Fakultas Syriah langsung menggandeng Kemenag Kota Serang dan Kemenag Kabupaten Serang yang nantinya Kerjasama ini akan ada PPL atau Magang untuk mahasiwa dan juga ada kegiatan bersama antara Fakultas Syariah dan kemenag dalam melakukan penelitian maupun pelatihan-pelatihan,” ungkap Dekan.

Ahmad Zaini berharap, semoga kerjasama ini bisa berjalan dengan baik, dan bisa dijadikan sebagai pengembangan SDM untuk bisa dipraktekkan dalam Tridharma Perguruan Tinggi terkait implementasi MB-KM. 

“Karna memang bagi kami Kerjasama ini adalah untuk kebutuhan fasilitas mahasiswa yang nantinya akan magang di setiap kantor kemenag yang ada di Kota dan kabupaten Serang dalam rangka kegiatan dan peraktek dalam menghadapi MB-KM,” ungkapnya

Sementara itu, Kepala Kantor Kabupaten Serang, Tubagus Syhabuddin menyambut baik adanya Perjanjian Kerjasama (PKS) di Kementerian Agama Kabupaten Serang dengan UIN SMH Banten. Menurutnya isi kegiatan kerjasama ini perlu ada bimbingan, pengarahan dan pembinaan dari UIN SMH Banten. "Karena keterbatasan kami dalam banyak hal, salah satunya pembinaan moderasi dan toleransi," ucap Tubagus Syhabuddin

Dirinya berharap, semoga kedepan baik para dosen atau mahasiswa bisa dijadikan mitra yang bisa bekerjasama dalam hal praktek kegiatan.

"Kami berharap kita bisa terealisasi dengan baik dan mendapatkan hasil positif dari kerjasama ini," ungkapnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh, Kepal Kantor Kemenag Kota Serang, Abdul Rojak mengharapkan kerjasama ini menghasilkan solutions yang saling menguntungkan antara kemenag dan UIN Banten dalam hal pengabdian dan juga PPL. Dirinya juga mengaku siap untuk mengundang pemateri dari Fakultas Syariah dalam pelatihan-pelatihan dan melakukan penelitian Bersama.

“Tadi sudah dijelaskan oleh pak dekan bahwa mahasiswa dan dosen Fakultas Syariah sudah banyak melakukan penelitian di bidang hukum islam, jadi akan ada banyak pengalaman dan pelajaran yang bisa kita bagi,” harapnya