14 Feb
312

55 Mahasiswa Baru Ikuti Orientasi Pascasarjana

HumasUIN - Setelah melaksanakan tes penerimaan pada 24 Januari lalu yang diikuti sebanyak 66 peserta, hari ini Program Pascasarjana mengadakan Orientasi Pengenalan Program Studi dan Konsentrasi tahun 2019 yang dilaksanakan di aula rektorat UIN Banten, Selasa (12/2).

Direktur Pascasarjana, Syafuri mengatakan, sebelum pelaksanaan perkuliahan yang akan dimulai pada tanggal 19 mendatang, mahasiswa baru yang diterima di program pascasarjana wajib mengikuti orientasi pengenalan prodi. Ini bertujuan untuk mengenalkan program, masa perkuliahan hingga proses belajar yang akan dilalui mahasiswa pada waktu empat tahun kedepan.

"Pada Orientasi Akademik kali ini, mahasiswa baru diperkenalkan mengenai lingkungan pascasarjana, seperti sistem perkuliahan, tata tertib, kebijakan dan lain-lain sebagainya," ungkapnya.

Dia menjelaskan, masa perkuliahan terdiri dari kuliah dikelas, sidang toefl hingga sidang munaqasah yang akan dilalui selama empat semester.

Rektor UIN Banten, Fauzul Iman mengatakan, setiap orang yang sudah masuk dalam dunia pendidikan khususnya sudah tingkat lanjut, harus sudah mempunyai pola fikir yang pragmatis. Pola fikir yang maju, bagaimana agar mampu memberi perubahan besar, baik dalam dunia pendidikan maupun dalam kenegaraan.

"Pascasarjana kampus UIN Banten bercita-cita mencetak lulusan berkompeten dan memiliki kualitas, yang tentunya berbasis agama," ungkapnya.

Dalam orientasi ini, mahasiswa diharapkan dapat meluruskan niat, agar setiap kegiatan kuliah bisa dilalui dengan lancar.

"Setiap kegiatan dengan niat yang baik, pasti akan menghasilkan hal yang baik pula. Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan mampu mengukir niat yang baik sehingga mampu menghasilkan prestasi yang besar," ungkapnya.

Orientasi yang dilaksanakan selama dua hari ini diikuti 55 mahasiswa yang terdiri dari 6 mahasiswa Ekonomi Syariah, Managemen Pendidikan Islam (MPI) 18 mahasiswa, Pendidikan Agama Islam 18 mahasiswa, Hukum Keluarga Islam 9 mahasiswa dan Pendidikan Bahasa Arab 4 mahasiswa.