23 Jan
80

Ponpes Tarbiyatul Mubtadiin Kunjungi UIN Banten

HumasUIN - Lebih dari 200 santri didampingi pengurus pondok pesantren Tarbiyatul Mubtadiin Tanggerang, hari ini mengadakan kunjungan ke Kampus UIN Banten. Kegiatan rutinitas ponpes ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para santri bagaimana gambaran kampus-kampus baik berbasis agama maupun umum.

Rektor UIN Banten, Fauzul Iman mengatakan, kampus UIN Banten selalu bangga dan menerima semua kunjungan yang dilakukan oleh sekolah-sekolah dan pondok pesantren, terlebih yang ada di Banten.

"Saya bangga jika UIN Banten menjadi prioritas pendidikan lanjutan dari beberapa pondok pesantren yang salah satunya juga diminati oleh ponpes tazkiyatul ini," ungkapnya, Rabu (16/1).

Dalam sambutannya, dia mengatakan, para santri harus sudah memiliki ilmu yang luar biasa, cerdas ditengah-tengah kebudayaan, agar dimasyarakat mereka mampu mengajarkan dan mengarahkan masyarakat ke hal-hal yang positif dan mencegah dari sesuatu yang tidak dibenarkan.

Para cendikiawan sudah seharusnya memiliki pemikiran yang bernalar, sehingga tidak mengikuti arus yang membawa ke jalan yang salah.

Dia berharap, akan muncul santri-santri yang berkualitas, memiliki pengetahuan keagamaan yang lurus dan ketika masuk keperguruan tinggi, tidak menjadi sarjana yang radikal. “Sehingga ini menjadi sinergitas yang baik, ada integritas keilmuan, dan bisa saling menghubungkan,” ungkapnya.

Moh Ues Nawawi, kepala ponpes Tarbiyatul Mubtadiin mengatakan kegiatan kunjungan ini dilakukan untuk memberikan bekal kepada para santri untuk mengetahui bagaimana dunia kampus dan kegiatan apa saja yang ada didalamnya. “Sehingga ketika mereka lulus nanti, para santri tidak bingung kea ah mana mereka akan mengambil bidang studi di perguruan tinggi,” ungkapnya.

Dia juga menyemangati para santrinya dengan mengajak mereka lebih mengenal kampus UIN, tidak hanya dibidang pendidikannya tapi juga dalam hal keorganisasian seperti organisasi jurnalistik, musik hingga riset.