17 Des
225

UIN SMH Banten Lepas 550 Wisudawan

Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanudin (SMH) Banten melepas 550 wisudawan dan wisudawati Program Sarjana angkatan ke-25 tahun akademik 2018/2019, di Aula Sjadeli Hasan Kampus, Sabtu (15/12/2018).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Ilzamuddin mengatakan, dari 550 wisudawan dan wisudawati berasal dari 5 fakultas, di antaranya dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sebanyak 227 orang, Fakultas Syariah sebanyak 105 orang, Fakultas Ushuluddin dan Adab sebanyak 69 orang, Fakultas Dakwah sebanyak 53 orang, dan Fakultas Eknomi dan Bisnis sebanyak 90 orang.

“Lulusan UIN diharapkan menjadi lulusan Islam yang unggul dalam integrasi keilmuan yang berwawasan global,” kata Ilzam kepada Kabar Banten.

Ia mengatakan, lulusan UIN SMH Banten harus unggul di bidang akademik, serta mempunyai prestasi dan dapat menyelesaikan kuliah dengan tepat waktu. “Tepat waktu menyelesaikannya selama 8 semester dan juga beberapa yang menyelesaikannya dengan 9 semester,” ujarnya.

Ia menuturkan, lulusan UIN juga harus menguasai bahasa asing. Penguasaan bahasa tersebut penting dikuasai pada era digital. “Penggunaan bahasa tersebut mereka dapatkan di program studi, baik di bahasa Arab dan bahasa Inggris. Mereka harus menguasai bahasa tersebut pada era digital,” tuturnya.

Ia mengatakan, wisudawan yang mencapai 9 semester tersebut, yakni mahasiswa yang melakukan perbaikan-perbaikan pada mata kuliah. Alasannya, ada mahasiswa yang tertinggal dalam mengikuti perkuliahan. Itu dapat menghambat mahasiswa untuk bisa mengikuti perkuliahan dan mengakibatkan lulus tidak tepat waktu.

“IPK yang di bawah rata-rata mereka yang harus mengulang dan menjadi 9 semester. Standar UIN SMH Banten itu 8 semester bukan 9 semester,” katanya. (KB.online)