10 Des
140

Silaturahim BPJPH ke UIN SMH Banten dalam Rangka Akselerasi Pendirian LPH Halal

Berdasarkan UU Republik Indonesia No 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, Pemerintah telah mengatur regulasi seluruh produk yang beredar di Indonesia untuk dijamin kehalalannya. Dalam pelaksanaannya, pemerintah menunjuk badan khusus dibawah kementerian agama yaitu Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) yang bertanggungjawab terhadap jaminan produk halal. Dalam pasal 12 UU No 33 tahun 2014, disebutkan bahwa dalam pelaksanaan  pemeriksaan dan/atau pengujian kehalalan produk, BPJPH dapat dibantu oleh Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) di daerah.  Dalam hal ini,  UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten menjadi salah satu Perguruan Tinggi yang turut mengambil peran dalam mengimplementasikan UU 33 tahun 2014 dengan mendirikan LPH.

Dalam rangka akselerasi pendirian Lembaga Pemeriksa Halal, BPJPH melakukan agenda kunjungan ke beberapa universitas yang memiliki kesamaan komitmen untuk mendirikan LPH,  salah satu diantaranya adalah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Kunjungan diselenggarakan pada Kamis, 29 November 2018 di kampus pusat, dan kampus palima (untuk verivikasi laboratorium).  Tujuan dari kunjungan ini adalah silaturahim ke jajaran rektorat,  bersama tim LPH UIN SMH, serta melakukan verivikasi beberapa kebutuhan yang diperlukan dalam rangka pendirian LPH, meliputi kelengkapan dokumen, sekretariat, dan laboratorium pendukung.

Perwakilan dari BPJPH yang hadir diantaranya Drs. Amrullah, M.Si (Kabid Sertifikasi Halal), Drs. H. Muhammad Zen (Kepala Subbagian Tata Usaha), Riana Widayanti, S.E (Analis Ketatalaksanaan), Deliana, S.Kom., M.M (Analis Laporan Hasil Auditor) didampingi Kanwil Kementrian Agama Propinsi Banten, Drs H Zarkazy. Kemudian disambut hangat langsung oleh Rektor UIN SMH Prof. Dr. Fauzul Iman, M.A, didampingi wakil Rektor 1, Prof. Dr. Ilzamudin, M.A, Wakil Rektor 2, Prof. H. E. Syarifudin, M.Pd., ketua LPH UIN SMH, Dr. H. Ahmad Sanusi, Lc., M.A bersama calon auditor halal LPH UIN SMH Banten, Kanwil  

Dalam sambutannya, Rektor UIN SMH Banten (yang diwakili Warek 1) menyambut positif terhadap agenda akselerasi pendirian LPH UIN SMH, dan berharap pendirian LPH UIN nantinya dapat berjalan dengan baik.  Sementara dari BPJPH sambutan diwakili oleh Drs. Amrullah, M.Si. Dalam sambutannya, BPJPH berharap dapat bermitra dan bekerjasama dengan LPH UIN dalam rangka bersama-sama mengimplementasikan UU No No 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. (Anis UK)