03 Des
36

TBI UIN SMH Banten Gelar English Competition

Jurusan Tadris Bahasa Inggris (TBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten mengadakan Association of English Student (Asses) English Competition.

Ketua Pelaksana Acara, Eki Hermawan mengatakan, hal yang melatarbelakangi kegiatan tersebut untuk meningkatkan minat belajar dan kemahiran siswa dalam berbahasa Inggris. Selain itu, kata dia, kegiatan tersebut juga untuk menjalin silaturahim antara UIN SMH Banten dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Provinsi Banten.

“Karena kita juga memang sekaligus mengenalkan kampus kepada siswa, yang nantinya akan melanjutkan kuliah. Lalu sebentar lagi kita akan memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), yang sudah dapat dipastikan jika kita tidak bisa menguasai bahasa asing, khususnya bahasa Inggris, kita akan jauh tertinggal oleh negara lain,” ucapnya, Jumat (23/11/2018).

Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) TBI, Agus Setiawan menuturkan, kegiatan itu merupakan salah satu program dari HMJ TBI, yang merupakan kegiatan yang ke-12 sepanjang masa jabatannya. Program-program yang diadakan oleh HMJ, tentunya diharapkan untuk kemajuan jurusan serta universitas ke arah yang lebih unggul.

Asses English Competition yang di dalamnya ada berbagai perlombaan, seperti speech contest, debate, singing contest, news report, diharapkan dapat memberi wadah atau sarana untuk siswa di Banten agar memiliki ketertarikan di bidang bahasa asing. Karena tidak mungkin individu dapat mencintai kegiatan namun tidak ada tempat untuk menampilkan bakatnya.

Guru SMAN 2 Kota Serang, Lina Meilasari mengatakan, dirinya serta pihak sekolah hanya memfasilitasi siswa untuk mengeksplorasi kemampuan mereka di bahasa Inggris. Ajang ini menjadi salah satu wadah yang menjembatani untuk memperoleh pengalaman, yang pasti akan menjadi pengalaman terbaik untuk masa depan siswa. Tanpa kegiatan itu mereka para siswa tidak akan tahu sejauh mana kemampuan mereka.

“Terima kasih juga atas kepercayaannya kepada sekolah kami untuk menjadi juara umum di acara Asses English Competition tahun ini,” tuturnya. (KB.online)