30 Okt
57

UIN SMH Banten Kumpulkan 45 Pangkalan Pramuka

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten mengundang 45 pangkalan pramuka yang berasal dari 45 SMA/sederajat di Provinsi Banten untuk memperebutkan Piala Gubernur Banten dalam kegiatan Karya Seni Pramuka (Kanira) yang ke-6 dengan tema “Tingkatkan Kreatifitas dan Tumbuhkan Optimisme dalam Kompetisi”, diadakan di area kampus 1 UIN SMH Banten, Ahad (28/10/2018).

Ketua pelaksana kegiatan, Hapid Yani mengatakan tujuan acara ini untuk memperat tali silaturahmi anggota pramuka se-Provinsi Banten. Acara ini dirangkai dengan 5 mata lomba, yaitu mural art, kreasi pionering, tari kreasi Banten, kreasi baris-berbaris, dan teknologi tepat guna.

“Harapannya dengan diadakan kegiatan ini semoga bisa menambah wawasan tentang kepramukaan, lantas tujuannya adalah untuk membudidayakan  kegiatan pramuka di kalangan umum dan khususnya untuk mengenalkan dunia akademik kampus di UIN SMH Banten,” ucapnya.

Ketua Dewan Racana UIN SMH Banten, Holidan menuturkan salah satu kegiatan pramuka dapat dibuat sebesar ini, karena memang dari UKM Pramuka ini sistemnya pantauan, dan telah memiliki nama, jadi ketika ada kegiatan rutin ini, maka semua anggota pramuka di provinsi mengetahui. Lalu tinggal bagaimana kami memoles agar kegiatan ini dapat menjadi lebih menarik dan semeriah mungkin.

Perbedaan Kanira tahun ini dengan tahun sebelumnya adalah jumlah kuota yang meningkat, ucapnya, tahun kemarin disediakan 32 kuota, tahun ini 45, bahkan ada 2 pangkalan atau sekolah yang tidak dapat mengikuti kegiatan, karena ketersedian kuota yang tidak memadai. Lalu tahun kemarin ada lomba tari komando, tahun ini diubah menjadi tari kreasi Banten.

Ada lomba mural art yang bertema Sumpah Pemuda yang pada tahun sebelumnya adalah lomba kaligrafi. Dan karena tahun ini adalah kaumnya generasi millenial, diadakan juga lomba photo dan video yang diunggah di Instagram terkait untuk menyukseskan kegiatan.

Ketua Gugus Depan Gerakan Pramuka UIN SMH Banten, Ahmad Hidayat mengatakan keinginannya dalam terlaksananya kegiatan ini, para peserta sebagai volunteer tunas bangsa, karena mereka usia penegak dan pandega. Hikmah dari adanya Kanira ini adalah silaturahmi yang dibangun dari kalangan anak-anak pramuka, juga disiplin yang perlu ditanamkan. Sehingga dengan Kanira, kegiatan ini bisa dibangun di gugus depannya masing-masing. Kegiatan ini merupakan bagian dari sumbangsih terhadap kegiatan pramuka yg mungkin di tingkat kwartir ranting, kwartir cabang terbatas waktunya. (KB)