26 Okt
75

Peran Tasawuf dan Tarekat dalam Kebangsaan

HumasUIN - Dalam ruang lingkup ilmu Filsafat, antara Tasawuf, Tarekat dan Kebangsaan memiliki keterkaitan antara satu sama lain, baik dan lingkup pendidikan maupun kehidupan. Untuk memberikan penjelasan mengenai hubungan ketiganya dalam perkembangan ilmu, Fakultas Ushuluddin dan Adab mengadakan Studium General semester ganjil dengan tema "Tasawuf, Tarekat dan Kebangsaan".

Wakil dekan 3, Sholahuddin mengatakan diambilnya tema ini karena Tasawuf dan tarekat memiliki peran penting dalam berdirinya bangsa dan memberi sumbangsih besar terhadap kemajuan peradaban. Saat ini, peran penting tasawuf dan tarekat dalam keamanan bangsa sangat penting, terlebih lagi dengan banyaknya terjadi hiruk pikuk yang bisa membuat hancurnya suatu bangsa.

"Tujuan diambilnya tema ini agar mahasiswa tau bagaimana peran tasawuf dan tarekat dalam memberi sumbangsih terhadap bangsa kita, bagaimana para sufi membantu menjadikan bangsa ini bangsa yang besar," ungkapnya.

Selain itu, dengan mengerti tasawuf dan tarekat dalam kebangsaan ini selain faham dengan keberadaannya dalam mengokohkan bangsa, juga bagaimana agar manusia mensucikan hati dengan cara tarekat yang dimana hampir semua manusia lupa dengan tarekat.

"Bagaimana hati kita terikat dengan tarekat agar mampu menyadarkan kembali tentang peran penting para sufi dalam berdirinya bangsa ini," tutupnya.