29 Agu
269

Dies Natalis Ke-56 UIN SMH Banten Akan Dihadiri Presiden

(KB).- Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanudin (SMH) Banten akan memasuki usia ke-56 pada 16 Oktober 2018 mendatang. Dalam Dies Natalis tersebut, UIN SMH Banten akan menggelar sejumlah rangkaian kegiatan, baik yang bersifat akademis dan rekreaktif.

Rektor UIN SMH Banten Fauzul Iman mengatakan, tahun ini Dies Natalis akan dilaksanakan untuk mengenang kembali sejak awal dari cikal bakal UIN. Yakni berawal dari fakultas, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri dan UIN melalui proses yang sangat luar biasa.

“Memaknai Dies Natalis kali ini sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT berjalannya UIN SMH Banten memasuki usia ke-56 tahun. Kami tidak akan melupakan sejarah perkembangan UIN hingga sekarang ini. Kami letakkan dalam sebuah kenangan, kenangan inilah yang dituangkan dalam Dies Natalis,” kata Fauzul didampingi Warek III UIN SMH Banten Wawan Wahyuddin.

Selain itu, kata Fauzul, tentu saja orang-orang yang memiliki andil dalam perubahan UIN hingga sekarang ini. Dies Natalis kali ini akan dilaksanakan dengan kegiatan HUT Provinsi Banten. Ia mengatakan, Pemerintah Provinsi Banten dapat memberikan perhatian-perhatian yang berkelanjutan. Kegiatan nanti akan ada semacam gala diner dan CSR.

“Kami mau tidak mau harus berkomunikasi langsung dengan Pak Wakil Gubernur Andika Hazrumy dalam berdialog. Alhamdulillah mendapat respons yang sangat luar biasa. Tidak hanya itu, insya Allah akan dihadiri oleh Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam acara Dies Natalis ini,” ujarnya.

Ia berharap UIN SMH Banten tetap percaya diri dan terus menggalang kegiatan kelembagaan secara kualitas dan kuantitas dan secara kemajuan. “Kami ke depan harus ada perkembangan untuk menambah Fakultas Sains dan Kedokteran. Dengan Dies Natalis ini, untuk menggugah semangat kita untuk terus berpacu pada program-program kualitas ke depan,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan, pertemuan ini sebagai silaturahim untuk menguatkan antara lembaga guna menyukseskan pendidikan. Ia mengatakan, Rektor UIN SMH Banten mengundang gubernur untuk datang ke Dies Natalis UIN pada tanggal 16 Oktober 2018.

“Dalam pertemuan tersebut, kami juga berdiskusi pengembangan-pengembangan khususnya konteks keberhasilan pembangunan di Banten. Tentunya momentum Dies Natalis ini merekat pengembangan pendidikan di Provinsi Banten. Rektor juga menginformasikan rencana Presiden RI akan hadir di sini. Dengan hadirnya Presiden nanti semoga menjadi berkah proses pembangunan lainnya yang ada di Provinsi Banten,” ucapnya.

Andika mengatakan, sebagai lembaga pendidikan tinggi berharap UIN ini dapat membantu Provinsi Banten untuk mengolah kebijakan-kebijakannya yang sesuai dengan harapan masyarakat. “Kami sangat membutuhkan masukan dari seluruh stakeholder khususnya akademisi khususnya UIN untuk dapat memberikan masukan pandangan. Selain itu, Pak Presiden rencananya akan meninjau Masjid Banten Lama sekaligus masuk jadwalnya untuk acara Dies Natalis juga bisa berkunjung ke Banten Lama,” tuturnya.