14 Mei
232

LP2M Adakan Seminar Proposal Dosen

HumasUIN - Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten mengadakan Seminar Proposal kegiatan kelompok dosen untuk pengabdian masyarakat berbasis lembaga keagamaan, Senin (14/5).

Seminar yang berlangsung di ruang rapat senat ini dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 14 sampai 15 Mei dan dibagi menjadi dua sesi yaitu pemaparan proposal Lembaga kegamaan Islam dihari pertama dan pemaparan proposal pengabdian berbasis jurusan dihari selanjutnya.

"Seminar ini akan berlangsung selama dua hari dan dihadiri sebanyak 42 peserta yang dibagi menjadi empat kelompok persentasi," ungkap Masykur selaku kepala PPM.

Dia mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu program pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk mendukung program pokok pengembangan pendidikan Islam yang menjadi tanggung jawab lembaga perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKI). Atas dasar itu, program “Bantuan Pengabdian kepada Masyarakat” ini sebagai wujud komitmen PPM-LP2M UIN SMH Banten untuk memberikan akses yang lebih luas bagi seluruh dosen di lingkungan UIN SMH Banten dalam kerangka peningkatan kapasitas (capacity building) dharma pengabdian kepada masyarakat.

PPM-LP2M UIN SMH Banten akan menyeleksi proposal Bantuan Pengabdian kepada Masyarakat secara kompetitif. Seluruh proposal Bantuan Pengabdian kepada Masyarakat yang telah diajukan, akan dinilai oleh Tim Reviewer yang kompeten di bidangnya yang memiliki track record dan reputasi dalam dharma pengabdian kepada masyarakat dan dharma penelitian transformatif. Itulah proses pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang harus dilalui oleh seluruh dosen di dalam produktivitas keilmuan di lingkungan UIN SMH Banten.

“Tiga tujuan penting seminar ini adalah dalam rangka mempresentasikan proposal pengabdian berbasis jurusan dan berbasis lembaga keagamaan islam, pengayaan dan penguatan metodologi pengabdian masyarakat serta untuk menilai proposal pengabdian masyarakat yang akan dilakukan oleh revieer,” ungkapnya.

Dia berharap dengan dilaksanakannya acara ini mampu mewujudkan kualitas proposal pengabdian masyarakat yang bermutu untuk mensinergikannya dengan program-program pembanguan nasional di wilayah Banten, terwujudnya desa binaan berbasis keilmuan jurusan sebagai laboratorium sosial bagi UIN SMH Banten serta terwujudnya kembaga keagamaan Islam yang mandiri di dlm melakukan gerakan sosial keagamaan yg partisipatoris.