14 Mei
135

Penyuluhan HAM Bagi Mahasiswa

HumasUIN - Biro Hukum di lingkungan Sekretaris Daerah Provunsi Banten mengadakan Penyuluhan Pembinaan Hak Asasi Manusia Bagi Mahasiswa di aula rektorat UIN SMH Banten yang dihadiri Kabid Hukum Sekda Banten, perwakilan Kemenkumham, BNN dan kampus Untirta.

Rahmadi, kepala bagian Bantuan Hukum Sekda Provinsi Banten mengatakan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara kita sering mendengar Hak Asasi Manusia (HAM), namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui apa arti HAM itu sendiri. Setiap manusia memiliki hak nya, dimana HAM adalah seperangkat hak yang melekat pada manusia yang wajib dihormati, dijunjungi dan dilindungi negara.

Untuk itu, Sekda mengadakan sosialisasi pentingnya HAM ke lingkungan pendidikan dikarenakan, lingkungan kampus memiliki peranan penting untuk ikut mengenalkan pentingnya HAM dimasyarakat dengan adanya tridharma salah satunya pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan agar pelanggaran HAM bisa berkurang.

Dia menambahkan mahasiswa merupakan aktor penting yang dapat membuat perubahan disuatu masyarakat, terlebih mahasiswa merupakan individu yang memiliki peran penting dalam memberikan sosialisasi, sehingga HAM dapat merata dipahami oleh masyarakat.

"Sivitas akademika yang salah satunya mahasiswa merupakan aktor penting dalam membantu mengenalkan bantuan hukum yang disediakan oleh pemerintah sehingga mampu membantu masyarakat jika terjadi masalah," ungkapnya.

Ini merupakan sosialisasi ketujuh dari sepuluh sosialisasi yang diadakan oleh Sekda Provinsi Banten dilingkungan pendidikan di Banten.