16 Mar
271

Visitasi Perpustakaan, UIN Banten mendapat Akreditasi B

HumasUIN - Tim Asesor Badan Akreditasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia hari ini melakukan visitasi di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Visitasi yang rencananya akan dilaksanakan selama dua hari ini bertujuan untuk memberi penilaian dan masukan untuk perpustakaan UIN menjadi lebih baik lagi.

Bambang Supriyo Utomo, salah satu dari tiga asesor mengatakan, kedatangan mereka ini untuk mengukur bagaimana keadaan perpustakaan UIN khususnya, apakah sudah sesuai dengan standar perpus nasional atau belum. "Kami datang untuk melihat bagaimana kondisi perpus UIN dan apa saja yang harus diperbaiki," ungkapnya.

Dia mengatakan, kedepan perpustakaan harus menjadi tempat yang dicari oleh mahasiswanya, bukan hanya menjadi pelengkap perkuliahan saja sehingga kedepan perpustakaan mampu menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. "Perpustakaan adalah sumber segalanya, oleh karena itu kita juga harus siap meberikan fasilitas yang terbaik untuk mahasiswa," ungkapnya.

Visitasi perpustakaan kali ini di kunjungi oleh dua asesor yaitu Bambang Supriyo Utomo, Supriyanto dan Asta Budi Raharjo sebagai pendamping.

Ada tiga sistem penilaian yang akan kita jalani hari ini yaitu menilai secara keseluruhan, menilai dokumen apakah sesuai dengan standar nasional, dan ketiga resume hasil penilaian. "Dari tiga langkah itulah hasilnya nanti yang akan kami laporkan kepada kampus ini sebagai hasil sementara," ungkap Supriyanto yang juga menjadi asesor pada visitasi ini.

Kedepan, diharapkan perpustakaan UIN SMH Banten harus menambah koleksi buku dan meningkatkan layanan kepada mahasiswa. "Permasalahan layanan tidak hanya diperpus ini saja, tapi hampir semua perpustakaan. Oleh karena itu, adanya penambahan jam layanan baik jam malam ataupun dibuka pada hari sabtu bisa diharapkan mampu menambah kualitas baca mahasiswa," ungkapnya.

Dia menambahkan, ada lima komponen yang menjadi penilaian untuk mengukur apakah perpustakaan UIN sudah baik atau bahkan lebih baik yaitu bagimana layanannya, kerjasama, SDM, kinerja hingga koleksi buku dan pengorganisasian.

Dari hasil sementara visitasi perpustakaan oleh asesor, perpustakaan UIN SMH Banten mendapat nilai 85 dengan akreditasi B yang berlaku selama empat tahun kedepan.