28 Feb
274

Direktur Pasca : Kembangkan Riset di Lingkungan Pascasarjana UIN

HumasUIN – Pascasarjana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten mengadakan Studium General ke-17 dengan tema “Universitas Islam Berbasis Riset” yang dilaksanakan di Aula Utama UIN SMH Banten. Acara yang mengundang Direktur Karier dan Kompetensi Sumber Daya Manusia, Kemenristek DIKTI RI ini merupakan rangkaian dari orientasi pascasarjana dengan sistem baru yang dilaksanakan selama tiga hari.

Direktur Pascasarjana, Syafuri mengatakan, kegiatan ini merupakan hal yang baru yang diberlakukan di lingkungan pascasarjana, yang mana biasanya orientasi dilakukan hanya sehari. “Ini dilakukan agar mahasiswa lebih fokus untuk menerima pengenalan prodi dan apa saja yang akan dilakukan selama perkuliahan nanti sehingga mereka bisa lebih fokus pada kuliahnya,” ungkapnya.

Dia berharap semoga apa yang disampaikan Bunyamin MAftuh selaku pemateri dalam kuliah umum kali ini mampu menjadi rujukan awal oleh para mahasiswa untuk mampu mengembangkan riset dan penulisannya.

Encep Syarifudin, Wakil Rektor II mengatakan, sesuai dengan tridarma perguruan tinggi yang dimana darma pertama adalah pendidikan dan pengajaran, yang kedua adalah penelitian dan yang ketiga adalah pengabdian pada masyarakat, maka riset merupakan suatu keharusan yang dilakukan oleh setiap pendidik maupun mahasiswanya. Oleh karena itu, tepat sekali jika pascasarjana mengambil tema tentang bagaimana Islam berbasis riset ini, karena bukan hanya lingkungan yang Islami tapi bagaimana kita mengembangkan tulisan kita.

“Bagi dosen, riset merupakan fardu ain, dimana jika para dosen ingin naik pangkat dan sebagainya, maka mereka harus mengembangkan risetnya,” ungkapnya.

Studium General yang dimoderatori oleh Wakil Rektor III ini dihadiri lebih dari 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen.