26 Feb
291

UIN Suska Riau Adakan Pertemuan Forum Rektor PTKIN

HumasUIN - Rektor UIN SMH Banten beserta sepuluh rektor dari seluruh PTKIN menghadiri Silaturahmi Forum Rektor Se-Indonesia yang dilaksanakan di UIN Suska Riau. Acara yang dilaksanakan selama dua hari mulai dari 23 sampai 24 Februari ini dilaksanakan di dua tempat yaitu Hotel Grand Zuri dan hari kedua dilaksanakan dikampus UIN Suska yang juga akan dihadiri oleh Sekjen Kemenag RI, Jumat (23/2).

Sekretaris Forum Rektor se-Indonesia, Lutfi menyatakan permohonan maaf karena pimpinan forum rektor tidak dapat menghadiri acara ini dikarena sedang berlangsungnya visitasi di kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Selain itu dia juga mengatakan pertemuan kali ini akan membahas beberapa program forum rektor yang juga sebelumnya sudah dibahas di grup whatsup yaitu menetapkan Anggaran Dasar (AD) dan Aturan Rumah Tangga (ART) Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (FPPTKIN).

Dia juga mengatakan, dalam pertemuan kali ini juga membahas tentang apa saja masalah yang terjadi di lingkungan PTKIN beberapa waktu kebelakang serta program apa saja yang akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas PTKIN hingga kedepan mampu menjadi kampus yang diunggulkan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Bur Syam mengatakan pentingnya mendorong perkembangan perguruan tinggi Islam agar mampu menghasilkan sesuatu yang baru baik dibidang akademik maupun bidang teknologi.  "Kita ingin perguruan tinggi kita menghasilkan teori dan konsep-konsep baru baik bidang humanity hingga teknologi sehingga bisa menghasilkan SDM yang unggul dan siap menjadi pendorong perkembangan disemua bidang khususnya teknologi," ungkapnya

Dia mengatakan, pengembangan ilmu dibidang sains dan teknologi di lingkungan UIN merupakan upaya yang mesti dilakukan oleh perguruan tinggi, terlebih jika sudah memiliki fakultas umum dibidang sains dan teknologi. “Penting inovasi dibidang teknologi, oleh karena itu, maka sudah selayaknya kita dorong mahasiswa kita untuk menghasilkan inovasi yang baru ditengah era moderenisasi ini,” ungkapnya.

Dia berharap kepada seluruh rektor agar terus mengembangkan keilmuan di lingkungan UIN sehingga mampu bersaing dengan universitas umum yang juga unggul dibidang sains dan teknologi.