16 Jan
411

Sosialisasi dan Koordinasi Persiapan Menuju Akreditasi A UIN SMH Banten

HumasUIN - Banyak program yang harus dilakukan untuk mencapai akreditasi A pada tahun 2019 mendatang dilingkungan kampus UIN SMH Banten, salah satunya dengan mendatangkan pejabat yang bisa membantu memberi masukan untuk kemajuan kampus. Umtuk mencapai hal itu, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) mengadakan Koordinasi dan Sosialisasi persiapan menuju Akreditasi A Kampus UIN dengan mengundang Achmad Syahid yang merupakan pakar pendidikan.

Ketua LPM, Hidayatullah mengatakan dilingkungan kampus UIN Banten ini masih banyak yang harus ditingkatkan terutama akreditasi program studi. Dari 24 jurusan baru satu yang terakreditasi A dan yang lainnya masih akreditasi B dan bahkan ada yang C. "Akreditasi merupakan salah satu ukuran untuk sebuah institusi, oleh karena itu penting adanya peningkatan akresitasi jurusan untuk meningkatkan akreditasi institusi," ungkapnya.

Dia menambahkan, akhir 2019 merupakan target untuk menyelesaikan akreditasi institusi sehingga awal 2020 kampus UIN Banten susah berakreditasi A. "Target ini bagi kami yang ada di LPM sangatlah berat, tetapi dengan bantuan semua lapisan baik dari rektorat sampai juruaan pekerjaan ini akan menjadi ringan sehingga target kita semua bisa tercapai," ungkapnya.

Rektor UIN SMH Banten, Fauzul Iman mengatakan data akreditasi menunjukkan bahwa jumlah perguruan tinggi negeri dan swasta berakreditasi A di Indonesia masih minim dan kurang. Dari sekitar 1.522 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia, hanya 63 saja yang terakreditasi A. Oleh karena itu, penting bagi kampus UIN Banten untuk mencapai akreditasi A di tahun depan agar mampu mencapai program yang diinginkan kemenag dan dirjen pendis.

Rektor mengatakan, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk mencapai akreditasi A yaitu mengetahui prinsip dasar penyusunan borang, memahami standar akreditasi institusi perguruan tinggi, memahami penilaian akreditasi, mengetahui biaya proses akreditasi, mengontrol mutu dengan SPMI, kompetensi tim akreditasi kampus, mempunyai sistem penjaminan mutu internal kampus hingga memahami SAPTO.

Koordinasi dan Sosialisasi akreditasi yang dilaksanakan di Aula Utama ini dihadiri semua unsur dilingkungan UIN Banten mulai dari wakil rektor hingga ketua jurusan.