08 Jan
200

UIN Banten Targetkan Akreditasi A Tahun 2019

SERANG – Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten Fauzul Iman optimistis pada tahun 2019 perguruan tinggi yang dipimpinnya memperoleh akreditasi A. Hal tersebut sesuai dengan yang diharapkan oleh Kementerian Agama yang menargetkan semua universitas islam negeri (UIN) di Indonesia mendapatkan akreditasi A pada tahun 2019.

Hal tersebut disampaikan Fauzul usai melantik 34 pejabat struktural di kampus 1, Ciceri, Kota Serang, Jumat (5/1).

“Alhamdulilah akreditasi kita sudah ada peningkatan. Akreditasinya sudah B plus atau sudah B gemuk. Tidak hanya institusi UIN-nya saja, juga fakultas-fakultasnya. Nanti ke depan akan ada peningkatan lagi sehingga bisa akreditasi A sesuai dengan arahan dari Pak Dirjen (Direktur Jenderal Pendidikan Islam-red) agar semua UIN pada 2019 akreditasinya A,” ungkap Fauzul.

Sebagaimana diketahui bahwa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten ini merupakan hasil peningkatan status institusi dari IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten tahun 2017 lalu. Sejalan dengan perubahan status ini, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada Desember 2017 melakukan penilaian akreditasi terhadap UIN Banten.

Mengenai upaya yang akan dilakukan untuk mencapai akreditasi A dalam waktu setahun ini, kata Fauzul, tentu ada upaya yang dilakukan. Antara lain dengan memacu para dekan untuk merencanakan dan mempersiapkannya. Misalnya ada anggaran yang difokuskan untuk mempersiapkan akreditasi hingga di tingkat program studi. Hal lainnya yaitu pada peningkatan jurnal, seperti pada pengelolaan dan menghimpun dokumen dokumennya. “Juga melakukan monitor sehingga dapat mengevaluasi terhadap program-program yang sudah dilakukan dan bagaimana rencana tidak lanjutnya. Dokumen dokumen untuk bahan akreditasi juga betul-betul dipersiapkan sehingga begitu ada asesor kita sudah sangat siap,” ungkapnya.

Mengenai akreditasi masing-masing program studi di setiap fakultas, kata Fauzul, masih ada yang C, tapi sebagian besar sudah B. Ada juga yang akreditasinya A seperti di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan pada program studi Bahasa Arab. Masa akreditasi ini menjadi perhatian sehingga yang masa akreditasi akan habis segera diperbarui lagi.

Pada bagian lain, Rektor berharap kepada para pejabat struktural yang sudah dilantik agar bekerja secara sungguh sungguh dan optimal, kerja samanya lebih baik lagi dan memiliki komitmen yang kuat.