04 Jan
386

Awal Tahun LPM Adakan Sosialisasi BKD Online untuk Dosen

HumasUIN - Setelah pelaksanaan Upacara dalam rangka Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia ke 72, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) mengadakan Sosialisasi Beban Kerja Dosen (BKD) online dan Satuan Kerja Remunerasi (SKR) di aula utama UIN SMH Banten.

Dalam sosialisasi ini, ada tiga narasumber yang menjelaskan mengenai bagaimana sistem BKD online dan SKR yaitu wakil rektor I Ilzamudin Ma'mur, Ketua LPM Hidayatullah dan Kepala pusat audit dan pengendalian mutu Fitri Hilmiyati. Sosialisasi yang dihadiri semua dosen dilingkungan UIN SMH Banten baik dosen PNS maupun non PNS ini bertujuan untuk menyampaikan pemaparan mengenai tata cara pengisian BKD online dan penghitungan remunerasi dosen PNS yang salah satu fungsinya untuk meningkatkan layanan para dosen.

Laporan Beban Kerja Dosen merupakan Kegiatan tridharma perguruan tinggi yang dilakukan oleh dosen yang meliputi bidang Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Penunjang Kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, beban kerja dosen harus terdistribusi secara proposional dan terukur pada semua bidang kegiatan tridharma perguruan tinggi.

"Salah satu tujuan BKD online ini yaitu untuk menjaga akuntabisilitas kinerja dosen. Di mata mahasiswa konerja dosen masih baik tapi penilaian LPM masih ada beberapa catatan yang harus di benahi oleh para dosen," ungkap Hidayatullah.

Dia mengatakan dengan berjalannya sistem online ini untuk pelaksanaan akreditasi prodi akan menjadi tidak terlalu repot sehingga memudahkan untuk penilaian sehingga bisa meningkatkan akreditasi institusi juga. (Ferry)