09 Nov
71

Mahasiswa UIN SMH Banten Adakan Kunjungan dan Dialog dengan Warga Binaan Lapas

HumasUIN - Puluhan mahasiswa semester lima dari berbagai jurusan di Fakultas Syariah UIN SMH Banten hari ini mengadakan kunjungan dan dialog ke Lembaga Pemasyarakatan kelas II A Serang. Kunjungan ini bertujuan untuk memberi edukasi kepada mahasiswa bagaimana keadaan dan hukum yang berlaku di Indonesia.

Iin Ratna Sumirat selaku direktur LKBH dan koordinator pada kunjungan ini mengatakan jika ini merupakan kunjungan rutin fakultas syariah yang dilakukan setahun sekali dengan peserta mahasiswa semester lima dan berbeda tiap tahunnya. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa yang sudah belajar mengenai hukum bisa tau bagaimana penerapannya di dunia nyata, tidak hanya tau teori saja.

"Diharapkan pada kunjungan ini mahasiswa bisa mengambil banyak pelajaran baik itu tentang hukum maupun kelebihan dan kekurangan di lapas," ungkapnya.

Kepala Lapas Kota Serang, Suherman mengatakan secara umum lapas itu punya dua program yang dilaksanakan untuk mendidik warga binaan agar ketika keluar dari lapas, warga binaan memiliki kemampuan dan berguna di masyarakat. Dua program itu adalah program kepribadian dan program kemandirian.

Dia mengatakan, kunjungan yang dilakukan kampus UIN Banten ini ada didalam salah satu program di lapas yaitu program kepribadian. Dimana program kepribadian meliputi pembinaan rohani, bela negara hingga pendidikan. "Kunjungan ini masuk pada pembinaan pendidikan, dengan tujuan agar warga binaan mendapat ilmu dan pengetahuan baru yang didapat dari mahasiswa," ungkapnnya.

Dia menambahkam, selain program kepribadian, ada juga program kemandirian yang didalamnya juga terdapat beberapa program yaitu pelatihan produksi dan  penambahan bekal ilmu. "Semoga kegiatan seperti ini bisa dilakukan rutin bahkan sebulan sekali, karena warga binaan juga butuh sharing ilmu dari luar," ungkapnya.

Kunjungan yang diisi dengan diskusi antara mahasiswa dan penghuni lapas ini di akhiri dengan pemberian bingkisan berupa makanan, peralatan solat dan olahraga dari perwakilan dosen dan mahasiswa.