03 Nov
68

Pimpinan Organisasi Hadiri Sosialisasi Pedoman Akademik

HumasUIN - Lembaga penjaminan Mutu (LPM) UIN SMH Banten mengadakan Sosialisasi Pedoman Akademik pada Pimpinan Organisasi Mahasiswa, acara ini merupakan sosialisasi awal pada status baru UIN dalam rangkaian dari beberapa sosialisasi pedoman akademik di lingkungan UIN SMH Banten," Jumat (3/11).

Hidayat, Ketua LPM mengatakan pedoman seperti ini perlu disosialisasikan kepada mahasiswa terutama para aktivis, mulai dari tata tertib mahasiswa, program pendidikan dan bobot kredit sampai sistem pendidikan dari PBAK hingga prosedur akademik.

Dia mengatakan, sudah saatnya mahasiswa sekarang terutama aktivis untuk menyelesaikan masa studi dengan tepat waktu, ini juga untuk membantu menaikkan akreditasi jurusan agar akreditasi kampus juga meningkat jadi A.  Masa studi untuk sekarang sudah bukan lagi tujuh tahun, tapi 12 semester atau enam tahun.

"Kebanyakan yang lebih lama menyelesaikan masa studi adalah para aktivis. Kedepan jangan hanya memikirkan organisasi saja, tapi aktivis juga harus memikirkan dirinya sendiri terutama kuliahnya," ungkapnya.

"Orientasi pada pengembangan pedoman akademik ini adalah standar mutu mahasiswa mulai dari sarana prasarana dan pengembangan pendidikan mahasiswa khususnya mahasiswa UKM," ungkapnya.

Rektor UIN SMH Banten, Fauzul Iman mengatakan kegiatan pendidikan dan pengajaran serta tata aturan implementasinya harus diatur dan ditata secara baik, sehingga dapat membantu tercapainya tujuan pendidikan yang baik pula di lingukungan kampus.

Pedoman akademik untuk mahasiswa sangatlah penting untuk dipahami, karena didalamnya terdapat batasan-batasan yang harusnya dipatuhi oleh mahasiswa agar kampus UIN Banten menjadi kampus yang teratur. "Aktivis harusnya tau apa yang harus dilakukan dan apa yang dilarang oleh kampus, jangan sampai melanggar apa yang sudah ditentukan oleh pedoman," ungkapnya.

Dia menambahkan, di dalam pedoman dibahas  beberapa sanksi yang akan diberikan kepada mahasiswa yang masih tidak mengikuti aturan yang sudah dibentuk kampus, mulai dari teguran hingga sanksi berat. "Pedoman ini disajikan untuk memberikan arah dan informasi tentang pengelolaan kegiatan pendidikan di lingkungan UIN SMH Banten," ungkapnya.