27 Okt
82

Warek III Ajak Mahasiswa Kembangkan Perekonomian dengan Sistem Syariah

HumasUIN - Dengan mengangkat tema 'Membangun Sinergi Menghadapi Peluang dan Tantangan Pengembangan Entepreneurship dan Halal Lifestyle di Indonesia', hari ini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) mengadakan Seminar Nasional dan Kuliah Umum Ekonomi Islam tahun 2017 di Aula Utama UIN SMH Banten, Kamis (26/10).

Dengan bekerjasama dengan Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) pusat, Febi mengundang Munifah syannawi selaku Sekretaris Jendral DPP IAEI untuk memberi dorongan kepada mahasiswa agar semangat dalam membangun ekonomi Islam.

Dekan Febi, Nihayatul Maskuroh menjelaskan mengenai awal terbentuknya IAEI. IAEI merupakan suatu keniscayaan yang harus ada disetiap perguruan tinggi dimana didalamnya mengkaji disiplin ilmu yaitu bidang ekonomi Islam dan merupakan wadah intuk para ahli di bidang ekonomi islam.

IAEI baru terbentuk beberapa bulan yang lalu yang pelantikannya dilaksanakan pada September lalu di Universitas Sebelas Maret. "Di UIN Banten, IAEI ada dibagi menjadi dua yaitu komisariat dan DPW banten," ungkapnya

Dia menambahkan, kegiatan seminar ini bertujuan agar mahasiswa dan seluruh sivitas akademik khususnya di UIN Banten mempunyai bekal ilmu yang cukup untuk dapat membantu mengembangkan perekonomian di Indonesia khususnya dengan menggunakan sistem syariah.

Wakil rektor III bidang kemahasiswaan, Wawan Wahyudin mengatakan mengenai lima kelemahan mahasiswa Islam yang harus terus diperbaiki, dimana kelemahan-kelemahan itu bisa membuat mahasiswa UIN Banten sulit untuk bersaing dengan kampus luar. Liama kelemahan itu adalah bahasa, riset, literasi, menagemen, dan ekonomi. "Untuk itu, kampus UIN membantu memberikan beasiswa kepada mahasiswa hingga dosen agar kedepan mampu bersaing dengan kampus luar sehingga nanti kampus UIN Banten bisa menjadi kampus yang jaya dan tidak kalah dengan kampus luar," ungkapnya.

Wawan berharap semoga kehadiran narasumber kali ini bisa menjadi inspirasi untuk keluarga besar kampus UIN SMH Banten dan menjadi tonggak acuan agar bisa menjadi pengembang ekonomi islam di Indonesia.

Seminar Nasional yang dihadiri ratusan mahasiswa ini selain mengudang Sekretaris Jendral DPP Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI), juga mengudang Direktur Utama Bank BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo dan Anggota DPD RI Fahira Idris sebagai narasumber.