06 Sep
65

Pentingnya Kedewasaan Mahasiswa dalam Membangun Bangsa

HumasUIN - Forum lembaga legislatif Wilayah Banten bekerjasama dengan MPR RI mengadakan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di aula utama UIN SMH Banten. Dengan mengangkat tema "Sosialisasi empat pilar bertajuk menjahit kembali merah putih melalui lenbaga legislatif mahasiswa di wilayah banten dengan pemahaman nilai-nilai empat pilar kebangsaan Indonesia", acara ini diadakan dalam rangka mengingatkan tugas dan fungsi mahasiswa dalam membangun dan menjaga keutuhan NKRI, Selasa (5/9).

Heri mufti selaku Koordinator Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Wilayah Banten mengatakan menjaga kebinekaan di negara ini adalah tugas seluruh lapisan masyarakat, pentingnya untuk masyatakat tahu mengenai empat pilar MPR RI.

"Jika berbicara mengenai negara, maka kita pasti sama-sama tahu bagaimana kondisi negara kita saat ini, banyak permasalahan yang terjadi mulai dari masalah sosial hingga masalah politik. Oleh karena, didalam forum ini kita sama-sama mengkaji agar kedepannya kita tidak mudah terpengaruh hal-hal yang bisa merusak keutuhan NKRI," ungkapnya.

Fauzul Iman, rektor UIN Banten dalam sambutannya mengatakan Indonesia saat ini sangat membutuhkan kemampuan terutama mahasiswa untuk ikut berperan aktif dalam membangun bangsa ini menjadi bangsa yang dewasa dan matang dalam bermasyarakat dan bernegara. Jika tidak ada hal itu, dalam suasana yang saat ini terjadi baik yang menyangkut kebinekaan maka akan mudah terjadi perpecahan dinegara ini seperti negara-negara yang lain.

Saat ini kedewasaan mahasiswa dalam melihat kondisi negara sangat dibutuhkan, membangun kesatuan dan integrasi tanpa melihat kepentingan pribadi dan satu kelompok saja. "Jika tidak memahami hal ini, maka kita akan cepat terpancing dengan hal-hal baru yang diluar kendali," ungkapnya.

Rektor mengajak peserta sosialisasi untuk bersama memperkokoh kesatuan dan persatuan yang dengan itu mampu meningkatkan kemampuan pendidikan berbasis karekter sehingga kita mampu saling menghormati dan menjunjung tinggi kebinekaan. Acara yang dihadiri mahasiswa dari seluruh kampus di Banten ini dihadiri oleh Yandri Susanto, Anggota DPR RI Dapil Banten II yang juga sebagai pemateri pada sosialisasi ini.