08 Agu
254

UIN Menjadi Kampus Pertama Sosialisasi Bawaslu

HumasUIN - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten mengadakan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dengan program Goes To Campus di aula rektorat UIN Banten. Sosialisasi yang menghadirkan tiga narasumber dari tiga lingkup yang berbeda yaitu Abdul Rosid   Pimpinan Bawaslu Banten, Suhaedi akademisi dan Nana selaku anggota Jaringan Rakyat Demokrasi dan Pemilu (JRDP).

Eka satiya lesmana, komisioner bawaslu banten mengatakan program sosialisasi goes to campus ini disiapkan dalam rangka persiapan menuju Pileg dan pilres yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Dalam sejarah, mahasiswa mempunyai peranan penting dalam mengawas proses pemerintahan baik di daerah maupun pusat. “Kami ingin mahasiswa mampu bergerak aktif kembali dan peduli terhadap pesta demokrasi yang akan menentukan nasib negara ini ke depan,” ungkapnya.

UIN SMH Banten menjadi kampus pertama sosialisasi pengawasan pemilu ini, dia juga mengatakan bagaimana ke depannya kampus tempat menjadi basis gerakan moral dari banyak kegiatan untuk secara partisipatif mengawal kegiatan pileg dan pilpres. “Kami siap memberi dorongan kepada mahasiswa dengan cara memberi pengetahuan tentang seperti apa sesungguhnya penyelenggaraan pilkada dalam perspektif pengawasan sehingga mahasiswa memiliki idealisme sendiri dalam menentukan perannya,” ungkapnya.

Suhaedi, perwakilan akademisi mengatakan fungsi pengawasan adalah paling utama dimana itu berfungsi untuk memastikan tidak terjadinya pelanggaran pada pelaksanaan pemilu. Dalam pilkada, bawaslu memiliki tugas penuh dalam mengawasi setiap jalannya pemilihan, setiap jenis pelanggaran akan dipilah yang kemudian disampaikan kepada pihak yang berwenang.

Bawaslu bukan lembaga satu-satunya yang secara maksimal dapat melaksanakan pengawasan, masyarakat terlebih mahasiswa menjadi part of social comunity yang memiliki tanggung jawab penuh dalam melahirkan pemilu yang berkualitas. “Mahasiswa juga harus menjadi pengawas dalam setiap langkah pemerintah, dengan ini kemungkinan besar terwujudnya masyarakat ke arah yang lebih baik akan terlaksana,” ungkapnya.